26.1 C
Indonesia
June 21, 2019
Home » Blog » Akses Medsos Saat Sidang MK Bakal Dibatasi Lagi
Teknologi

Akses Medsos Saat Sidang MK Bakal Dibatasi Lagi

Mahkamah Konstitusi
Generic Banner

IDNnews.id, NASIOONAL – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan kembali membatasi akses internet saat sidang Gelar Sidang Perdana Sengketa Pilpres. Sesuai jadwal Menurut Informasi dari Humas MK, Sidang akan dimulai pada pukul 09.00 Wib dengan agenda pembacaan materi gugatan dari pemohon.

Pemohon dalam perkara ini adalah pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sementara, pihak termohon adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Melansir dari Halaman VOA indoneisa Kepala Humas (Kominfo) mengatakan kebijakan pembatasan akses internet ini masih bersifat kondisional.

“Jika eskalasi berita hoaks dan hasutan meningkat sangat luar biasa, disertai kejadian di sekitar MK yang membahayakan keutuhan NKRI” baru akan diberlakukan, kata Ferdinandus. Tetapi ia buru-buru menambahkan bahwa “jika tidak ada… maka pemerintah tidak akan melakukan pembatasan akses internet.”

Pembatasan akses internet untuk fitur gambar dan video saja ini tidak akan diberitahukan sebelumnya. Pembatasan langsung diberlakukan ketika sebaran hoaks atau berita bohong mencapai 600-700 konten per menit.

hosting indonesia

Berita Pilihan