Bakal Diambil Sumpah Jadi Anggota Legislatif Terpilih 2019-2024, Cak Nur Mohon Doa Restu

IDNNews.id, Batam – Bagi setiap anggota Legislatif yang terpilh dan melenggang ke gedung DPRD, pastinya mulai disibukan dengan berbagai persiapan jelang pengambilan sumpah. Mulai dari mempersiapkan baju hingga melakukan syukuran atas terpilih menjadi wakil rakyat untuk periode 2019-2024.

Hal yang sama juga dilakukan oleh sejumlah anggota DPRD Batam terpilih yang akan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Batam pada Kamis (29/8/2019) mendatang. Akan tetapi persiapan fisik jelang pengambilan sumpah tidak dilakukan dengan serius oleh Ketua DPRD Batam Nuryanto yang kembali terpilih untuk periode berikutnya.

Nuryanto
Nuryanto

“Persiapan secara khusus sebenarnya tidak ada. Untuk jas dan sebagainya sudah siap. Yang terpenting adalah ‘Bismillah’ saja, dan apa yang akan dilakukan ini hanya ditujukan untuk ibadah kepada Allah SWT. Sekaligus memohon doa restu untuk kedepannya. Supaya tetap amanah dan bisa menjalankan tugas dengan baik,” jelas politisi PDI Perjuangan ini saat dihubungi IDNNews.id, Jumat (23/8/2019) sore.

Ketika disinggung apa yang akan dilakukan dalam 100 hari pertama setelah menjabat, dengan tegas pria yang akrab disapa Cak Nur ini mengaku akan melakukan berbagai persiapan-persiapan guna menunjang kinerja Pemerintah Kota Batam.

“Pertama, kita akan mempersiapkan pembahasan anggaran APBD 2020. Dimana dalam pembahasan ini, nantinya akan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah. Apa yang dirancang dan apa yang kurang oleh Pemerintah, dan akan kita bahas serta dorong bersama. Tapi pada prinsipnya berbanding lurus dengan apa yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Nuryanto, Ketua DPRD Batam

Seperti pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, mempersipakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam bidang teknologi, pendidikan, kesehatan, kepariwisataan, perekonomian dan sebagainya.

Serta akan mencermati dan mendorong sarana dan prasarana untuk dunia pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Baik itu sekolah untuk SD, SMP, hingga SMA di setiap Zona/wilayah di Batam yang sesuai dengan standarisasi yang ada.

“Kita genjot semuanya. Begitu juga tentang perizinan-perizinan. sehingga akan memunculkan kesan lebih cepat, lebih bagus dan memuaskan. Sekaligus meningkatkan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, tambahnya, untuk proses pengambilan sumpah itu sendiri nantinya Cak Nur akan memimpin sidang dengan kapasitas sebagai Ketua DPRD Batam yang lama.

Nuryanto, Ketua DPRD Batam

Selanjutnya, akan diserahkan kepada Ketua DPRD Batam Sementara kepada Putra Yustisi Respaty.

“Dimana tugas dari Ketua DPRD Sementara adalah, mempersiapkan peraturan tata tertib, kode etik, hingga melengkapi penyusuan alat-alat kelengkapan. Termasuk mempersiapkan Ketua DPRD Batam definitif,” jelasnya. (Iman Suryanto)

DomaiNesia

Berita Terkait