Bawaslu Solok: Generasi Milenial Harus Ikut Kawal Pemilu

IDNNews.id, Solok – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok, mengajak pemilih pemula didaerah penghasil beras ternama itu agar ikut berpartisipasi dan mengawasi pada Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afri Memori, SE, Minggu (24/3) pada kegiatan Sosialisasi pengawasan pemilu bagi pemilih pemula pada Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Solok, Minggu, (24/3/19) di D’Relazion, di Kota Solok.

Afri Memori menyebutkan, bahwa pemilih pemula cukup menentukan dalam sukses atau tidaknya pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Baca juga :

“Kita harapkan pemilih pemula ikut menyampaikan hak suara dan membantu melakukan pengawasan secara partisipatif dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing,”. katanya.

Kemudian ia menyebutkan, banyak cara yang bisa dilakukan generasi muda untuk ikut mengawasi pelaksanaan pemilu. Bisa dengan aplikasi Gowaslu, maupun dengan pelaporan secara langsung. 

“Potensi pelanggaran memang banyak terjadi saat pelaksanaan pemilu, maka kita berharap juga kepada Generasi Milenial mengawasinya,” ucapnya.

Bawaslu Kabupaten Solok mengajak pemilih pemula agar ikut berpartisipasi dan mengawasi pada Pemilu serentak 17 April 2019 (Foto : IDNNews.id/Nofri Guntala)

Dengan adanya sosialisasi ini, lanjut Afri Memori, tentunya mereka dapat memahaminya, apalagi mereka dibekali dengan berbagai pemahaman terkait proses, aturan main serta berbagai bentuk pelanggaran dalam tahapan Pemilu 17 April mendatang. 

Komisioner KPU Provinsi Sumbar, Nova Indra ST, yang jadi pemateri pertama dihadapan puluhan peserta mengatakan, generasi muda harus mampu menjadi pemilih cerdas dan ikut mengawasi Pemilu, sehingga berjalan sesuai dengan amanah Undang-Undang.

Baca juga :

“Dengan memahami aturan dan tahapan pelaksanaan pemilu, setidaknya generasi muda tidak terjebak dalam berbagai bentuk pelanggaran Pemilu, yang bisa berujung pada hukuman penjara,” sebutnya.

“Gnerasi muda menjadi harapan untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas, dan generasi muda dapat juga menjadi agen perubahan dan kontrol sosial untuk arah yang lebih baik,” kata, Mantan Ketua KPU Kabupaten Solok ini.

Kegiatan sosialisasi yang digelar Bawaslu Kabupaten Solok itu, diikuti oleh pelajar, perwakilan Organisasi Intra sekolah, Pramuka, BEM Perguruan tinggi se- Kabupaten Solok, Uda-Uni Kabupaten Solok, Organisasi Kepemudaan, serta Remaja Masjid. (Nofri Guntala)

DomaiNesia

Berita Terkait