27.1 C
Indonesia
July 22, 2019
Home » Blog » Bung Eds Corner: Museum Timah Singkep, Amunisi Historic Tourim Baru Lingga
Bung Eds Corner Featured Headline Hiburan nasional

Bung Eds Corner: Museum Timah Singkep, Amunisi Historic Tourim Baru Lingga

hosting indonesia

Satu lagi amunisi berwujud historic tourism digenggam Kabupaten Lingga.

Setelah Museum Eks Camp Vietnam dan Museum Temenggung Abdul Jamal, inilah museum tematik bergenre sejarah ketiga yang dimiliki Kepulauan Riau.

Bernama Museum Timah Singkep, museum ini bersemayam di tengah-tengah Kota Dabo Singkep. Bercokol persis di Gedung Pagoda, satu dari sederet bangunan lawas yang dimiliki kota sarat sejarah itu.

Dibuka sejak Mei 2019, Museum Timah Singkep digagas Pemeribtah Kabupaten dan pegiat sejarah Lingga sebagai ‘pengingat,’ agar orang kelak tidak lupa bahwa Singkep di masa lalu bereputasi moncer sebagai negeri penghasil timah, satu yang terbesar di negeri ini.

Melongok ke belakang, era kegemilangan penambangan timah Singkep berlangsung hampir dua abad, 1812 hingga 1992.

Pencetusnya, Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah II. Sang sultan, dalam perjalanannya bahkan sempat menaja perjanjian dengan pengusaha Belanda di tahun 1857 untuk mengelola tambang timah.

Kejayaan timah Singkep meredup di tahun 1985 seiring dengan peristiwa tin crash atau malapetaka timah, yang ditandai dengan ambruknya harga timah di pasaran dunia. Pasca-itu, tambangisasi timah Singkep perlahan mati suri. Dan puncaknya, bener-benar ‘dead’ di tahun 1992.

Sejalan dengan itu pula, penambangan timah di Pulau Singkep dan semua akitifitasnya dipindahkan ke Karimun dan Kundur. Jangan lupa, sambangi museum ini kalau tengah beranjangsana ke Lingga.(Edi Sutrisno)

Berita Terkait