25.7 C
Indonesia
24/08/2019
Home ยป Ini Trik Jitu Menangkal Paham Radikalisme versi Dandim 0317/TBK
Featured Headline Karimun kepri

Ini Trik Jitu Menangkal Paham Radikalisme versi Dandim 0317/TBK

IDNNews.id, Karimun – Dandim 0317/TBK, Letkol Arm.Rizal Analdie memberikan trik jitu, dalam menangkal radikalisme yang dapat menjadi ancaman bagi bangsa dan negara.

“Radikalisme mempunyai kecenderungan untuk membenci orang dengan menghancurkan pihak lain,” kata Letkol Arm.Rizal Analdie dalam pemaparannya pada acara Pelatihan Pencegahan Masuknya Paham Radikalisme di kalangan Generasi Muda di Aula Hotel Alishan, Kapling, Senin (11/2/2019).

Sehingga diperlukan cara untuk menangkal orang-orang seperti yang dimaksud dengan cara memahami ciri-ciri radikalisme yakni : Radikalisme terbentuk dari respon terhadap kondisi yang sedang berlangsung, respon tersebut diwujudkan dalam bentuk evaluasi, penolakan, bahkan perlawanan.

“Ciri yang berikutnya adalah militansi. Tidak pernah berhenti dalam upaya penolakannya sebelum terjadi perubahan drastis terhadap kondisi yang dikehendaki,” katanya.

Pengenalan ciri berikutnya kata orang nomor satu di teritorial Karimun ini ialah pelaku radikalisme ini memiliki keyakinan yang sangat kuat terhadap program yang akan mereka jalankan.

“Mereka sangat yakin jika program mereka akan memberikan kedamaian, perdamaian dan lain sebagainya,” katanya.

Dalam menjalankan keyakinan mereka, kerap kali menggunakan jalan kekerasan dalam mewujudkan keyakinan mereka dan menganggap semua yang bertentangan dengannya salah.

“Ini yang perlu kita fahami secara mendasar yang tentunya harus diimplementasikan kepada kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Bentuk dukungan penolakan faham tadikalime tersebut dapat dilihat dari kedewasaan dalam berselancar di dunia maya, peka terhadap perubahan lingkungan dan turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan.

“Apapun ceritanya tetap penangkalan radikalisme ini sangat efektif dilakukan dari diri sendiri yang kemudian berkembang ke Keluarga, berkembang ke Lingkungan, Ke Desa, Ke Kecamatan yang selanjutnya dapat berkembang ke Kabupaten dan Negara,” katanya. (Nursali)

DomaiNesia