25.7 C
Indonesia
23/08/2019
Home » Jelang Lebaran, BP Batam Tambah Fasilitas dan Perkuat Personel di Pelabuhan Batu Ampar
BP Batam Ekonomi Featured Headline kepri nasional

Jelang Lebaran, BP Batam Tambah Fasilitas dan Perkuat Personel di Pelabuhan Batu Ampar

IDNNews.id, Batam – Pasca-inspeksi mendadak (sidak) arus mudik yang dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama rombongan ke Pelabuhan Batu Ampar, Batam, pada Sabtu (25/5/2019) lalu, sejumlah perbaikan telah digesa oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Salah satunya dengan meningkatkan sejumlah fasilitas penting yang sebelumnya sudah ada, namun ditambah dan ditingkatkan agar memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemudik Kapal Pelni di arus mudik lebaran 2019 di Pelabuhan tersebut.

“Sejumlah fasilitas sudah kita lakukan peningkatan, sebagai bentuk tindaklanjut dari arahan dan permintaan Menteri Perhubungan dalam kunjungan kerja kemarin,” jelas Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady saat ditemui IDNNews.id, Senin (27/5/2019).

Beberapa peningkatan yang dimaksud adalah, tambahnya, pemasangan tenda untuk penumpang seluas 2.400 m2 (30 Meter X 80 Meter) yang dilengkapi dengan portable toilet (Cabin John) sebanyak 5 unit. Selain itu, petugas medis dari RSBP Batam juga disiagakan secara bergiliran.

Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady menyematkan life jacket secara simbolis ke penumpang yang akan mudik menggunakan KM Doro Londo

Serta pemasangan kipas angin, penambahan kursi ruang tunggu sebanyak 500 unit, peningkatan kenyamanan fasilitas ibadah, serta penambahan petugas layanan dan pengamanan di arus mudik kali ini.

“Sementara untuk perbaikan drainase di sekitar terminal dan dipinggir dermaga, untuk kelancaran saluran air apabila terjadi hujan juga dilakukan. Intinya sudah tidak ada lagi genangan air saat hujan nantinya,” terangnya,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama rombongan dari Pemerintah Provinsi Kepri dan Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pelabuhan Batu Ampar, dimana ribuan calon penumpang asal Batam akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman menggunakan Kapal Pelni KM Doro Londa.

Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi Karya secara langsung melihat kondisi Pelabuhan Batu Ampar serta berdialog dengan calon penumpang. Meski dalam guyuran hujan, ia juga menyempatkan diri meninjau kondisi penumpang yang ada di KM Doro Londo.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama rombongan dari Pemerintah Provinsi Kepri dan Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pelabuhan Batu Ampar, Sabtu(25/5/2019)

“Kita melihat kondisi calon penumpang dari Batam menuju Belawan Medan yang akan berangkat menggunakan KM Doro Londo dari Pelabuhan Batu Ampar ini. Selain rute ini, ada Jakarta – Belawan juga yang terbilang cukup ramai penumpangnya. Bahkan bisa dibilang menjadi jalur favorit warga untuk berlebaran ke kampng halaman,” jelas Menhub Budi Karya.

Ia pun mengaku ada banyak hal yang perlu dievaluasi kembali setelah melihat kondisi pelabuhan Batu Ampar. Pihaknya pun secara langsung meminta kepada Pemeritah Daerah untuk bisa memperbaiki beberapa kekurangannya.

“Kita akan meminta bantuan dari Gubernur Kepri dan Kepala BP Batam untuk menambah kapasitas pelabuhan ini. Seperti tenda dari ruang tunggu ke sisi pelabuhan. Sehingga nantinya para calon penumpang tidak perlu lagi naik bus,” jelasnya.(Iman Suryanto)

DomaiNesia

Berita Terkait