Kawasan Malioboro Bakal Bebas Kendaraan Pribadi

IDNnews.id, YOGYA – Pemda DIY ujicoba aturan baru tentang kawasan Maliboro bakal bebas dari kendaraan pribadi mobil dan motor. Ujicoba kawasan pedestrian Malioboro akan dilaksanakan pada 18-19 Juni 2019.

Rencana ini pun diapresiasi Dinas Pariwisata DIY. Dengan menjadikan kawasan bebas kendaraan, pedestrian di Malioboro akan semakin terlihat cantik dan nyaman, sehingga dapat memiliki dampak positif untuk semakin bisa menarik wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo memperkirakan aturan ini tak akan membawa dampak negatif seperti yang dikhawatirkan pedagang kaki lima dan pengusaha di Malioboro.

Singgih juga meyakini apa yang dikhawatirkan mereka yang menggantungkan nasibnya pada wisatawan maupun pengunjung kawasan Malioboro tak akan terjadi.

“Prediksi nanti pedagang kaki lima sepi, enggak ada yang datang ke toko-toko, nggak saya kira. Magnet Malioboro sangat luar biasa. Jadi walaupun tidak ada kendaraan masuk di sana, yang ada Trans Jogja, transportasi andong, saya kira justru malah meningkatkan daya tarik,” ujar singgih mengutip halaman genpi.

Selain itu, kawasan Malioboro ini juga tengah diusulkan menjadi salah satu World Heritage sehingga harus diperhatikan dan diperbaiki hal-hal yang membuat Malioboro sumruwet, salah satunya dengan menerapkan bebas kendaraan bermotor di lokasi wisata ini.

DomaiNesia

Berita Terkait