26.1 C
Indonesia
June 21, 2019
Home » Blog » Kominfo Blokir 114 Kanal yang Memuat Konten Iklan Rokok
Headline nasional

Kominfo Blokir 114 Kanal yang Memuat Konten Iklan Rokok

Generic Banner

IDNnews.id, NASIONAL – Menindaklanjuti permintaan Menteri Kesehatan (Menkes) perihal pemblokiran iklan rokok di internet, Kemkominfo sedang melakukan proses take down atas akun/konten pada platform-platform yang memuat konten iklan rokok.

Melansir CNNindonesia Konten-konten tersebut, dikatakan Kominfo, melanggar Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Dalam Pasal 46 Ayat (3) beleid tersebut, disebutkan aturan mengenai promosi yang memperagakan wujud rokok.

“Saat ini Tim AIS Kemkominfo sedang melakukan proses take down atas akun/konten pada platform-platform di atas,” kata Kominfo.

Tim AIS merupakan tim internal Kominfo untuk mengidentifikasi konten di media sosial yang melanggar aturan di Indonesia, seperti hoaks, pornografi, dan ujaran kebencian. Pada proses crawling tersebut, tim AIS Kemkominfo mendapati sejumlah 114 kanal (Facebook, Instagram, dan YouTube)

Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu mengatakan, Menkominfo Rudiantara telah menghubungi Kemenkes dan regulator kesehatan untuk menggelar rapat koordinasi teknis terkait konten-konten yang melanggar aturan kesehatan.

hosting indonesia

Berita Pilihan