26.6 C
Indonesia
18/08/2019
Home ยป Lingga Angkat Akar Budaya Daerah Jadi Destinasi Wisata ke Wisman
Ekonomi Featured Headline kepri Lingga Travel

Lingga Angkat Akar Budaya Daerah Jadi Destinasi Wisata ke Wisman

hosting indonesia

IDNNews.id, Lingga – Pengembangan kepariwisataan yang bersumber dari akar budaya asli suatu daerah, kini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Lingga dalam menggaet wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Mengingat, keberagaman budaya memiliki potensi dalam peningkatan nilai ekonomi dan objek wisata. Selain itu, pariwisata yang bersumber dari budaya bisa diketahui nilai sejarah yang terkandung di dalamnya, khususnya tentang perkembangan Lingga sejak jaman kerajaan, kesultanan hingga saat ini, sehingga tidak kehilangan jejak sejarahnya.

Hal tersebut diungkapkan Raja Fahrurrazi, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga saat ditemui IDNNews.id di Radison Hotel Batam, Rabu(10/4/2019) siang.

Raja Fahrurrazi, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga

Dengan pengelolaan serta penataan pariwisata yang bersumber dari akar budaya asli Lingga diharapkan akan semakin menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung serta menikmati setiap sudut cagar budaya yang ada.

“Dari catatan kami, ada banyak destinasi wisata di Lingga yang lebih mengedepankan akar budaya asli daerah. Sebut saja Ziarah Napak Tilas Kerajaan Riau Lingga di Daek hingga wisata alam Air Terjun,” jelasnya.

Dengan adanya ini, tambahnya, secara langsung mengenalkan kepada generasi muda yang merupakan penerus bangsa ini bisa lebih mengenal akar budaya yang bersumber pada Bunda Tanah Melayu-nya Lingga.

Raja Fahrurrazi, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga

“Selain dari sisi peningkatan pariwisata dan ekonominya, hal ini juga menjadi salah satu bentuk pendidikan kepada generasi muda. Sehingga nanrinya mereka tidak mengalami krisis Identitas pada masa yang akan datang,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan, mengenalkan dan mempromosikan objek wisata alam yang ada di Lingga kepada wisatawan. Namun saat ini tengah digesa sejumlah bentuk pelayanan yang lebih maksimal untuk wisatawan.

“Nantinya akan kita libatkan masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata yang ada di sekitar permukiman mereka. Ada puluhan desa yang wilayahnya merupakan destinasi wisata yang bagus di Lingga. Itu akan kita libatkan,” jelasnya lagi.(Iman Suryanto)

Berita Terkait