25.7 C
Indonesia
24/08/2019
Home ยป LP2ASN Solok Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI
nasional Pemerintahan Politik SUMATERA Sumbar

LP2ASN Solok Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

IDNNews.id, Solok – Lembaga Peduli Pengajian Adat Salingka Nagari (LP2ASN) Kabupaten Solok, menggelar acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada Ninik Mamak,  Alim Ulama,  Cadiak Pandai, Pemuda dan Bundo Kanduang, di ruang pertemuan SD Muhammadiyah Bukit Kili Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Selasa (12/2).

Ketua LP2ASN Kabupaten Solok selaku Ketua Panitia acara sosialisasi itu, Tarliasman didampingi Sekretaris, Hendrius kepada media ini menyebutkan, sebagai nara sumber pemateri adalah DR H Hermanto Anggota DPR/MPR RI.

Materi yang diberikan kata Tarliasman mengemukakan, diantaranya tentang Pancasila, UUD NKRI Tahun 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.  

Baca juga : KPU Kabupaten Solok Terima Tiga Jenis Surat Suara

Tarliasman mengatakan,  tujuan dari digelarnya acara ini diantaranya adalah untuk ikut mensukseskan program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan menumbuh kembangkan rasa nasionalisme semangat kebangsaan ditengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia.  

Diharapkan ujar Tarliasman mengemukakan, kegiatan acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut, juga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan seluruh peserta acara sosialisasi itu. Karena kata Tarliasman menambahkan, peserta acara itu yang terdiri dari Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai,  Pemuda dan Bundo Kanduang juga dituntut harus paham dengan  Undang-Undang dan Konststitusi Negara.

Baca juga : KPU Solok Ajak Warga Senam Massal dan Hiburan KIM

Ia juga menambahkan, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, seluruh peserta acara seperti para pemangku adat di Kabupaten Solok kususnya dan di ranah minang umumnya, akan termotifasi untuk meningkatkan rasa nasionalisme kebangsaanya dan juga adat budaya minangkabau yang selama ini seolah tertinggalkan. Seperti pidato-pidato adat di Nagari yang sepertinya kini sudah mulai melemah. Dimana hampir sebahagian besar pemuda Nagari, banyak yang tidak pandai berpidato adat dan mengenal sejarah adat budaya Nagari mereka masing-masing.

LP2ASN Solok Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ( foto : IDNNews.id/nofri )

“Melalui LP2ASN ini mendorong bagaimana caranya agat para pemangku adat di Minangkabau seperti Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda dan Bundo Kandung bisa kembali menggelorakan rasa nasionalisme kebangsaanya dan juga nilai-nilai adat budaya Nagari dengan sedemikian rupa,” tuturnya.

Baca juga : MAN 2 Solok Peraih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Anggota DPR/MPR RI H Hermanto yang menjadi pemateri diacara sosialisasi itu mengatakan, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut, bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya rasa nasionalisme semangat kebangsaan kepada masyarakat bangsa Indonesia, dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Selain itu kata Hermanto mengemukakan, sosialisasi tersebut juga merupakan tugas kewajiban anggota MPR RI kepada warga masyarakat bangsa Indonesia, baik yang ada didalam negeri maupun yang di luar negeri. (nofri)

DomaiNesia

Berita Terkait