28.6 C
Indonesia
April 21, 2019
Home » Blog » MAN 2 Solok Peraih Penghargaan Adiwiyata Nasional
nasional Pemerintahan SUMATERA Sumbar

MAN 2 Solok Peraih Penghargaan Adiwiyata Nasional

IDNNews.id, Solok – Kendati sudah berhasil meraih  penghargaan bergengsi sebagai ‘ Sekolah Adiwiyata Nasional ‘ Tahun 2018, namun Keluarga Besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Solok, Sumatera Barat, terus berupaya untuk lebih baik lagi. Betapa tidak, sekolah superior dari sekolah lain di ranah minang ini terus berinovasi meningkatkan kualitas dan kuantitas proses belajar mengajar di sekolah.

Sekolah yang beralamat di Jalan Lintas Sumatera KM 15 Solok – Bukittinggi Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak itu, proses belajar mengajar di sekolah mereka berwawasan lingkungan, sejuk, nyaman dan asri.

Baca juga : KPU Solok Ajak Warga Senam Massal dan Hiburan KIM

“Tujuan dan motto sekolah kami adalah Menjadi Madrasah terbaik dalam proses pembelajaran dan Menjadi Madrasah terdepan dalam mengamalkan ajaran Islam secara baik dan benar ” tutur Kepala MAN 2 Solok Erdinal S. Ag kepada media, usai menerima kedatangan Pengurus Forum Kabupaten Solok Sehat (FKSS) di Singkarak,  Sabtu (9/2).

Selain itu kata Erdinal mengemukakan, MAN 2 Solok juga ingin Menjadi sekolah yang menghasilkan lulusan terampil dalam peningkatan Iman dan taqwa (Imtaq)  dan Ilmu pengetahun teknologi (Iptek)  yang mampu bersaing ditingkat Nasional.

MAN 2 Solok Peraih Penghargaan Adiwiyata Nasional ( foto : IDNNews.id/nofri )

Ia juga mengatakan, prestasi meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2018, merupakan buah kerja sama dan semangat kebersamaan yang ditunjukan oleh seluruh elemen yang ada di MAN 2 Solok.

Sekolah ini, sebut Erdinal, berjumlah 311 orang dalam 13 Rombongan Belajar, 40 orang Tenaga Pendidik dan 6 orang Tenaga Kependidikan, seorang petugas kebersihan dan seorang tenaga security. 

Piagam Penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2018 kata Erdinal menambahkan, diterima langsung oleh dirinya selaku Kepala Sekolah MAN 2 Solok Sumbar di Auditorium DR Ir Sujarwo Gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta, pada Jumat 21 Desember 2018.

Baca juga : Relawan Demokrasi Kab Solok Dibekali Bimtek Oleh KPU Setempat

Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2018 yang diterima MAN 2 Solok Sumbar, berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI Nomor : SK 511/MENLHK/P2SDM.2/12/2018 bertanggal 17-12-2018 , yang ditanda tangani Menteri LHK RI DR Ir Siti Nurbaya MSc dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof DR Muhajir Effendi MAP.

” Adiwiyata meeupakan program menciptakan Sekolah yang nyaman, aman dan harmonis,  khususnya untuk kebutuhan belajar seluruh peserta didik,” ujarnya.

Ia juga mengemukakan, Sekolah itu telah mengedepankan Sistem Manajemen Lingkungan. Diantaranya dengan menyediakan Tong Sampah disetiap sudut ruangan dan sudut sekolah, pengadaan Tempat Pembuangan Sampah Akhir dan pengadaan Bank Sampah.

Baca juga : Turnamen Minangkabau Cup Kabupaten Solok: Kubung dan Bukit Sundi di Posisi Aman

Lalu pengadaan Taman Kelas dan Taman Madrasah, pengadaan pembibitan TOGA dan Ruang yang mencerminkan Adiwiyata, pembuatan Green House atau Rumah Hijau, pengadaan Hidroponik, membuat Kolam Ikan, kandang Burung dan kandang Kelinci. 

Adapun pembuatan Biopori, sumur bor resapan, penghijauan, menambah jaringan PDAM,  membuat penampungan air limbah dan memamfaatkan air limbah. Begitupun dibangun Kantin Sehat yang bekerja sama dengan Puskesmas setempat.

“Yang jelas MAN 2 Solok akan terus berinovasi dan berobsesi untuk menjadi sekolah terbaik dari yang paling baik ” tutur Erdinal. (nofri)

hosting indonesia

Berita Pilihan

1 comment

Sekitar 300 Orang Warga Solok Bantu Lipat Surat Suara - IDNNews February 25, 2019 at 8:37 pm

[…] Baca juga : MAN 2 Solok Peraih Penghargaan Adiwiyata Nasional […]

Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: