26.1 C
Indonesia
July 22, 2019
Home » Blog » Mental yang Kuat dan Profesional Jadi Kunci Sukses Agent Call Center ATB
ATB Ekonomi Featured Headline kepri

Mental yang Kuat dan Profesional Jadi Kunci Sukses Agent Call Center ATB

hosting indonesia

IDNNews.id, Batam – Perkembangan arus informasi semakin pesat. Banyak dari perusahaan menggunakan Call Center sebagai strategi untuk meningkatkan kesuksesan bisnisnya. Baik dari segi profit maupun citra perusahaan.

Call center merupakan ujung tombak perusahaan di garda terdepan yang bertugas melayani informasi hingga pelayanan pengaduan pelanggan.

PT Adhya Tirta Batam (ATB) terus meningkatkan kompetensi agent Call Center ATB dalam memberikan service excellence kepada pelanggan dan masyarakat yang membutuhkan informasi, edukasi, saran maupun menyampaikan keluhan terkait layanan ATB.

Layanan Call Center ATB dapat diakses melalui nomor 0778-467111 dan beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 24.00 WIB termasuk hari libur dan tanggal merah.

Bagi ATB, mempekerjakan agent call center sama pentingnya dengan memiliki software call center yang tepat. Meski tidak berhadapan langsung atau bertatap muka, call center masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam berkomunikasi.

Hal ini dikarenakan call center adalah jalur tercepat dalam berinteraksi bagi pelanggan. Tidak perlu membuang waktu ke kantor pelayanan, tinggal memencet nomor dan langsung tersambung dengan agent call center. Lebih efisien dari segi waktu dan biaya.

Menjadi seorang agent call center tidaklah mudah. Kesiapan mental menjadi hal paling krusial sebagai modal utama. Keahlian mengoperasikan perangkat, penguasaan produk layanan, kemampuan komunikasi dalam menganalisa keluhan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat dalam waktu bersamaan, membutuhkan konsentrasi pengendalian emosi dan jam terbang yang tinggi.

ATB secara kontinu membekali karyawannya terutama yang berada di lini terdepan pelayanan dengan peningkatan kompetensi melalui beragam pelatihan dan sertifikasi.

Hal ini untuk mendukung kinerja dalam memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan agar sesuai dengan standar mutu operasional yang telah ditetapkan perusahaan.

Namun kondisi sumber air baku terbatas, musim kemarau panjang, anomali iklim, kondisi elevasi, pekerjaan perbaikan hingga pola konsumsi air berlebihan terkadang menjadi faktor pemicu timbulnya keluhan gangguan suplai.

Agent Call Center ATB akan menghadapi beragam karakter orang setiap harinya dalam menerima keluhan pelanggan. Meski tidak semua keluhan disampaikan dengan marah-marah, tetapi tetap saja mereka tidak bisa mengatur mau tipe pelanggan seperti apa yang menghubungi.

“Agent harus pintar menyembunyikan emosi saat menghadapi pelanggan. Mereka dituntut untuk tetap bersikap ramah, empati serta profesional meskipun harus menerima luapan kekesalan pelanggan. Disinilah kematangan emosional seorang agent terasah,” ujar Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/3/2019).

Ada hal yang terkadang dilupakan oleh pelanggan saat berinteraksi dengan seorang agent call center. Bahwa seorang agent juga manusia yang punya keluarga berharga di rumah.

Bisa jadi, agent yang sedang dimarahi itu adalah seorang ayah atau ibu yang cuma ingin mencari rezeki halal untuk anak-anak mereka. Mungkin saja yang sedang dibentak itu adalah seorang anak yang ingin membahagiakan orang tuanya bahkan mungkin agent tersebut juga mengalami kondisi yang sama seperti keluhan pelanggan tersebut.

Agent call center memang dipekerjakan untuk mendengarkan keluhan pelanggan. Tetapi keluhan yang disampaikan dengan bahasa baik dan sopan tentunya akan lebih cepat dalam proses penanganan untuk menemukan solusi yang efektif karena inti permasalahan dan analisa keluhannya lebih mudah dipahami.

Sikap saling menghargai akan membawa perubahan positif dan menunjukkan etika sebagai masyarakat Indonesia yang bermartabat.(*)

Berita Terkait