25.7 C
Indonesia
24/08/2019
Home ยป Pasca-Tabrak Jembatan 2, Pemilik Kapal tanker MT Eastern Glory Dikenai Sanksi Rp 10 Miliar
BP Batam Featured Headline kepri Kriminal

Pasca-Tabrak Jembatan 2, Pemilik Kapal tanker MT Eastern Glory Dikenai Sanksi Rp 10 Miliar

IDNNews.id, Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai melakukan pemeriksaan kondisi jembatan dua Barelang, pasca-ditabrak kapal tanker MT Eastern Glory beberapa waktu lalu.

Dari hasil tersebut, tim gabungan langsung meminta dikenai sanksi perbaikan jembatan senilai Rp 10 Miliar.

Hal tersebut diungkapkan Dwianto Eko Winaryo, Deputi III Bidang Pengusahaan Sarana dan Usaha BP Batam saat ditemui awak media, Jumat (20/4/2019).

“Dari hasil tersebut, pemilik kapal melalui agennya sudah setuju dan bersedia membayar kerugian dari dampak kecelakaan tersebut,” jelasnya.

Mekanisme pembayarannya, tambahnya, Kementerian PUPR akan meminta kontraktor yang membangun jembatan dua untuk melakukan perbaikan. Dan nantinya setelah perbaikan selesai, Pemilik kapal akan melakukan pembayaran.

“Jadi dana dari sanksi tersebut, tidak langsung ke BP Batam. Tapi masih di pemilik kapal. Jika sudah selesai diperbaiki maka akan diserahkan,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kapal tanker MT Eastern Glory menabrak jembatan dua Barelang pada Rabu (23/1) lalu. Kapal tersebut diketahui masuk dari Malaysia sejak 4 September 2018 lalu di terminalnya Jagad Energy.

Jagad Energi merupakan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS). Kapal MT Eastern Glory diketahui putus tali jangkar akibat angin kencang saat bersandar di terminal Jagad Energy dan terbawa arus hingga jembatan dua Barelang.(*)

DomaiNesia

Berita Terkait