25.7 C
Indonesia
23/08/2019
Home ยป Pembangunan Waduk Sei Gong Selesai, Kepala BWS IV: Menunggu untuk Diresmikan
BP Batam Featured Headline kepri Maritime nasional PERISTIWA

Pembangunan Waduk Sei Gong Selesai, Kepala BWS IV: Menunggu untuk Diresmikan

IDNNews.id, Batam – Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) IV Ismail Widadi menegaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktur Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) telah menyelesaikan pembangunan Bendungan/Waduk Sei Gong, Batam, Provinsi Kepri.

Dengan kehadiran Waduk yang dibangun dengan anggaran Rp 238,44 miliar ini, diharapkan mampu menambah pasokan air baku bagi Batam yang selama ini hanya mengandalkan air hujan. Dimana Waduk Sei Gong ini memiliki luas genangan air 355,99 hektar dengan kapasitas tampung 11,8 juta meter kubik.

“Proses pembangunan dari Waduk Sei Gong ini, pada prinsipnys sudah selesai dibangun. Tinggal menunggu waktunya untuk diresmikan. Dan ini merupakan bendungan atau waduk pertama di Provinsi Kepri yang dibangun oleh kita,” terangnya saat dihubungi IDNNews.id, Kamis (15/5/2019).

Ia pun berharap peresmian Waduk ini akan cepat diresmikan setelah tertunda oleh adanya tahun-tahun politik. “Semoga saja cepat diresmikan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, kebutuhan ar baku yang bersumber dari delapan wadukyang ada di Batam dianggap kurang mencukupi. Mengingat pertumbuhan ekonomi dan penduduk yang cukup tinggi membuat kebutuhan air bersih di Batam menjadi sangat penting dan terbilang mendesak.

Bahkan diprediksikan, jika tidak ada tambahan sumbar air baku baru diperkirakan Batam akan mengalami krisis air pada tahun 2020.

Dimana kebutuhan air baku di Batam pada 2020 mendatang diperkirakan mencapai 4.500 liter per detik, sementara saat ini masih ada kekurangan sekitar 750 liter per detik.

Tentunya dengan kapasitas bendungan Sei Gong yang mencapai 400 liter per detik, itu artinya hanya tersisa 350 liter per detik yang harus dipenuhi pemerintah.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bendungan Sei Gong yang tengah dibangun pemerintah di Kota Batam, Kepri merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Air baku bendungan Sei Gong ini nantinya akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Pulang Rempang dan Galang.

“Saat ini sangat sulit untuk mendapatkan air bersih. Sebab sumber air baku di Batam yang dipasok dari tujuh waduk dan satu embung yang ada saat ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan yang ada,” kata Basuki.

Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air baku, bendungan ini juga dibangun sebagai fungsi konservasi Sumber Daya Air, pendidikan dan diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata, seperti objek wisata air dan olahraga air di Kota Batam sendiri. (Iman)

DomaiNesia

Berita Terkait