25.7 C
Indonesia
23/08/2019
Home » Pesona Masjid Walima Emas, Destinasi Wisata Religi di Kabupaten Gorontalo
LIFESTYLE Wisata

Pesona Masjid Walima Emas, Destinasi Wisata Religi di Kabupaten Gorontalo

IDNnews.id – Bagi wisatawan yang datang ke Gorontalo, tidak lengkap jika tidak berkunjung masjid Walima Emas yang berada di atas gersangnya bukit kapur.

Dulunya tidak ada pepohonan besar yang tumbuh di bukit ini. Hanya semak perdu yang menghijau saat musim hujan dan segera mengering saat musim kemarau tiba.

Namun kemurahan alam telah memberi kesegaran di puncak bukit ini. Di sekitar bangunan masjid ini justru berlimpah air yang ditampung dalam kolam. Banyak ikan yang berenang di kolam yang segar ini.

Kini bukit ini mulai hijau dengan pepohonan yang ditanam warga.

Masjid ini berada di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Sebuah desa nelayan yang berada di lembah sempit berdinding perbukitan batuan kapur yang gersang.

“Masjid ini tepat di puncak bukit gersang, kalau kita berada di sini kita bisa menyaksikan birunya Teluk Tomini,” kata Hasan Rahim, wraga Desa Bongo.

Sepanjang hari selalu ada wisatawan yang datang untuk menyaksikan pemandangan yang sangat memesona, gunung kapur dan Teluk Tomini.

Gunung Dunalihe yang menjulang dengan tebing-tebingnya yang curam adalah panorama yang memesona dilihat dari masjid ini. Kemiringan lerengnya yang ditumbuhi pepohonan memberi pemandangan yang menakjubkan.

Di arah selatan, Teluk Tomini yang membentang sepanjang pemandangan memberi kesejukan karena membawa uap air segar menyapu bukit dan gunung kapur yang kerontang.

“Masjid ini tdak berada di permukiman warga, tepatnya di bukit kapur tanpa penduduk. Setiap hari ramai dikunjungi jamaah yang akan shalat 5 waktu. Mereka adalah wisatawan dan para jin yang kasat mata,” kata Yosep Tahir Maruf, pengelola wisata Desa Bongo.

Di sekitar masjid banyak spot yang instagramable dengan latar belakang laut, pantai, perkampungan warga, bukit dan gunung. Semuanya indah untuk difoto.

Yang ingin memotret dari ketinggian, wisatawan dapat menaiki tangga ke atas masjid. Kubah walima emas yang berwana kekuningan dan dipenuhi ornamen akan menjadi pemandanagn yang indah.

Dari puncak masjid ini dapat dinikmati segala keindahan dari 4 penjuru mata angin. Keindahan karya Tuhan yang harus dikelola untuk kesejahteraan manusia, alam yang indah.

Desa Bongo dikenal sebagai desa wisata relijius, selain pemandanagn yang indah desa ini menawarkan atraksi budaya walima atau perayaan Maulid Nabi Muhammad setiap tahunnya. Walima adalah pesta untuk merayakan kelahiran Sang Nabi, dalam pesta ini sepanjang malam warga desa aka melantunkan dikili (syair berbahasa Gorontalo bercampur Arab) yang berisi riwayat Nabi Muhammad.

“Ribuan orang datang ke sini untuk menyaksikan prosesi walima setiap tahun,” ujar Hasan Rahim.
Sumber:genpi
DomaiNesia

Berita Terkait