Pesona Padang Mangateh, New Zealand ala Sumatera Barat

143

IDNnews.id, Wisata – Padang Mangateh merupakan sebuah kompleks peternakan sapi yang terletak di kaki Gunung Sago, Payakumbuh, Sumatera Barat. Tempat yang bak negeri dongeng ini lebih tepatnya berada di Jalan Padang Mengatas, Mungo, Luak, Payakumbuh.

Tempat ini sebenarnya merupakan Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Padang Mengatas. Mulai didirikan sejak masa orde baru dan menjadi lokasi peternakan sapi terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 280 hektar. Sapi-sapi yang dikembangbiakkan dan dirawat di lokasi ini terbagi dalam tiga jenis yaitu sapi simental, sapi limosin, dan sapi lokal.

Di lokasi ini, sapi-sapi yang jumlahnya sekitar 1.250 ekor, dilepas di sepanjang area padang rumput nan hijau lagi sejuk ini. Tempat ini telah di buka untuk masyarakat umum dan cukup booming di awal, dipromosikan sebagai destinasi wisata andalan kota Payakumbuh. Hingga saat ini, Padang Mangateh masih menjadi rekomendasi kawasan wisata yang patut dikunjungi jika bertandang ke negeri ‘galamai’ ini.

Banyak pengunjung yang datang ke sini hanya sekedar untuk melihat-lihat, mengajak keluarga dan sanak saudara untuk menikmati alam yang hijau dan sejuk. Sekadar untuk merilekskan pikiran dan melepas penat dan kesuntukan dari pekerjaan yang menumpuk. Ada juga yang datang karena memiliki hobi fotografi dan memperoleh lokasi foto yang instagramable. Bahkan, ada yang datang ke sini untuk melakukan sesi foto pre-wedding.

Selain bisa menikmati suasana bak negeri Frodo, para pengunjung juga bisa melakukan pendakian ke Gunung Sago dan melihat keindahan kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh. Jika datang kesini saat cuaca cerah, maka mata akan dimanjakan dengan nuansa bak Selandia Baru nan menawan.

Leave a Reply