25.7 C
Indonesia
23/08/2019
Home » Ratusan Mahasiswa BTP Ikut Bantu Pecahkan Rekor MURI Roti Jala Terpanjang
Batam BP Batam Ekonomi Featured Headline kepri nasional

Ratusan Mahasiswa BTP Ikut Bantu Pecahkan Rekor MURI Roti Jala Terpanjang

IDNNews.id, Batam – Dalam hitungan beberapa saat lagi, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dalam bentuk pembuatan Roti Jala terpanjang 73 meter pada Sabtu(25/8) di halaman kantor BP Batam, Batam Center.

Pemecahan rekor tersebut juga melibatkan 150 mahasiswa di bidang kuliner dari Batam Tourism Polytechnic (BTP), serta mendapatkan bimbingan dari Celebrity Chef Priscilla Princessa.

Saat ditemui IDNNews.id, Celebrity Chef Priscilla Princessa mengaku pemecahan rekor MURI dalam pembuatan Roti Jala 73 meter tersebut, merupakan pengalaman pertama kalinya dilakukan, dan sempat membuatnya tegang dan grogi dalam mengarahkan serta membimbing ratusan mahasiswa tersebut.

“Sebenarnya persiapannya sama saja seperti saat memasak pada umumnya, namun Rekor MURI ini yang sedikit nervous sedikit. Tapi saya yakin bisa,” terangnya.

Baginya, tantangan terberat dalam memecahkan rekor MURI Roti Jala Terpanjang ini adalah, bagaimana membuat roti yang mayoritas dibuat dari bahan terigu dan telor tersebut jangan sampai patah saat diangkat.

Sehingga dibutuhkan konsentrasi, kekompakan dan koordinasi yang baik agar roti jala ini tidak sampai patah.

“Itu tantang terbesarnya, jangan sampai patah. Karena nanti dinilai dan disahkan oleh MURI kan,” jelasnya.

Sementara itu, Adi Soegiharto, Dirut PTSP BP Batam saat ditemui IDNNews.id mengaku pemilihan roti jala dalam pemecahan rekor MURI ini lebih kepada mengangkat budaya dan kuliner asli Kepri yang merupakan Melayu.

“Kenapa kita pilih Roti Jala, kita ingin mengangkat budaya dan kuliner asli Kepri yang merupakan Melayu. Sehingga bisa semakin dikenal,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, pemilihan 73 meter lebih kepada memeriahkan Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

“Nantinya roti jala ini ,(setelah selesai dibuat) akan dibagikan kepada masyarakat dan para panti asuhan yang hadir dalam acara,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Roti Jala merupakan kuliner yang berbentuk jala atau jaring. Makanan ni paling enak disantap bersama kuah kari kambing, kari ayam, atau kari daging sapi.

Roti jala dengan kuah kari sangat populer sebagai menu makanan Melayu hingga Timur Tengah. Di Indonesia sendiri cukup dikenal dengan roti jala khas Riau dan Kepri.

Roti Jala juga hampir mirip seperti pancake atau crepes yang sangat populer selama bulan puasa Ramadhan dan juga sangat populer sebagai camilan teh sore.

Makanan ini memiliki banyak variasi sehingga begitu menarik dan tidak membosankan.

Terdapat banyak kreasi dalam cara membuat roti jala yang mudah dan sederhana di antaranya adalah penggunaan bahan utama telur dan susu sebagai alternatif santan atau dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk menambah cita rasa.

Begitu juga dengan variasi hidangannya bisa dengan kuah durian atau disuguhkan bersama saus coklat dan lain sebagainya.(iman)

DomaiNesia

Berita Terkait