26.1 C
Indonesia
June 21, 2019
Home » Blog » Sambut Hari Bakti TNI, Lantamal IV Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Kampung Bugis Tanjungpinang
Featured Headline kepri nasional PERISTIWA Tanjungpinang

Sambut Hari Bakti TNI, Lantamal IV Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Kampung Bugis Tanjungpinang

Generic Banner

IDNNews.id, Tanjungpinang – Menyambut hari Bakti TNI yang diperingati pada 19 Maret 2019 mendatang, Personel TNI dalam hal ini Lantamal IV bersama unsur Pemerintahan Daerah dan Ratusan Pelajar di Kota Gurindam, melakukan penanaman 1.000 bibit Mangrove di kelurahan Kampung Bugis, Jumat (15/3/2019) pagi.

Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Syafruddin Amir saat dihubungi awak media menuturkan, kegiatan yang melibatkan ratusan orang tersebut terbilang disengaja. Selain masuk dalam rangkaian peringatan hari Bakti TNI, juga sebagai bentuk mengedukasi kepada masyarakat untuk bisa sama-sama menjaga lingkungan sekitar agar tetap asri.

BACA: Potmar Lantamal IV Tengahi Perselisihan Nelayan dari Dua Desa di Bintan

“Kami mengapresiasikan antusias dari masyarakat, Pemerintah Daerah hingga pelajar dalam kegiatan postif ini. Kiranya hal ini bisa sama-sama menyadarkan untuk bersama menjaga alam serta lingkungan dan melestarikannya,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, kegiatan ini sendiri memiliki manfaat yang besar terhadap lingkungan di kehidupan manusia. Di antaranya mencegah intrusi air laut maupun pencegah dan penyaring alami.

BACA: Semalam, Kobaran Api Hanguskan KM Inka Mina 320 di Perairan Tarempa

Dimana akar mangrove dapat mempercepat penguraian limbah organik yang terbawa ke wilayah pantai. Hutan mangrove juga dapat membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut, seperti minyak dan deterjen.

“Mangrove juga penghalang alami terhadap angin laut dan gelombang laut yang cukup kuat. Serta dengan adanya hutan mangrove juga bisa menjadi tempat perlindungan dan habitat banyak hewan, baik darat maupun air,” ujarnya.

BACA: Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55, Lapas Barelang Gelar Donor Darah

Tak kalah penting, sambungnya, potensi ekonominya pun dihitung tak sedikit. Pihaknya pun mengajak semua pihak menjaga hutan mangrove dan menuai manfaatnya. “Kalau semua bergotong-royong ikut menjaga, tak ada yang tak mungkin,” ungkapnya. (Iman Suryanto)

hosting indonesia

Berita Pilihan