26.6 C
Indonesia
18/08/2019
Home » Tips Membeli Kamera dan Alat-alat untuk Vlog agar Tidak Salah Pilih
Featured Gadgets

Tips Membeli Kamera dan Alat-alat untuk Vlog agar Tidak Salah Pilih

hosting indonesia

IDNnews.id, Kamera – Bagi Anda yang menyukai dunia per-Youtube-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “vlog”. untuk menjadi seorang vlogger, Anda harus memiliki peralatan penunjang yang cukup baik dan lengkap agar hasil yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan para viewer.

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membeli kamera dan alat-alat untuk vlog? Berikut adalah ulasannya.

1.Kenali Jenis Kamera yang Akan Dibutuhkan.

Kualitas dan jenis kamera tentunya akan sangat mempengaruhi gambar atau video yang dihasilkan. Untuk itu, sebagai seorang vlogger, Anda harus jeli dan teliti dalam menentukan jenis kamera yang tepat.

Beberapa jenis kamera yang biasa digunakan untuk keperluan vlogger seperti kamera pocket, mirror less, DSLR camera, dan actioncam. Bagi Anda para pemula, pasti bertanya-tanya mengenai jenis kamera dan kegunaannya secara spesifik. Untuk menghindari keekeliruan tersebut, minimal Anda mesti pengetahui pengertian dari jenis kamera yang akan digunakan.

Pertama, ketahui terlebih dahulu apa itu kamera poket. Kamera poket merupakan kamera berukuran kecil yang sangat mudah dibawa ke mana saja. Berikutnya adalah kamera mirror less merupakan kamera yang ramah kantong dengan hasil gambar yang bagus. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan super duper mengesankan, Anda dappat menggunakan kamera DSLR.

Namun, kamera jenis ini juga terbagi dalam beberapa tingkatan yaitu dari yang paling sederhana hingga yang paling canggih penggunaannya. Terkhusus bagi Anda seorang vlogger petualang, actioncam adalah rekomendasi tepat dan mudah digunakan kapan saja.

2. Untuk Keperluan Apapun; Periksa Budget Terlebih Dahulu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keperluan vlogger tidak lepas dari yang namanya budget. Untuk modal awal saja, seorang vlogger harus memiliki kamera yang tepat. Pasti sudah tau dong harga pasaran kamera itu berapa? Oleh karena itu, persiapan modal juga sangat dibutuhkan.

Setidaknya, Anda sudah menyiapkan perlengkapan dasar yang dibutuhkan oleh seorang vlogger. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang cemerlang pun tidak akan lepas dari yang namanya ”alat berkualitas” dimana pada umumnya dibanderol dengan harga ampun-ampunan.

So, solusi yang tepat untuk permasalahan ini adalah bagaimana caranya Anda menyiasati kebutuhan tersebut dengan menggunakan skala prioritas terlebih dahulu.

3. Ketangguhan Alat Perlu Diperhitungkan.

Bagi Anda yang nantinya akan mengangkat tema ekstrem untuk pembuatan vlog Anda, tentunya sudah mengetahui karakteristik alat vlogger seperti apa yang dibutuhkan. Oleh karenanya, ketika melakukan review alat, usahakan alat yang akan digunakan nantinya adalah alat yang tangguh.

Untuk memastikan alat vlogger yang digunakan merupakan alat yang tangguh, terapkanlah beberapa indikator seperti cermati berat alat, ukuran, desain, kualitas, weather sealling, dan ketahanan terhadap air atau waterproof.

4. Cek Kelengkapan Alat Pendukung Lainnya dengan Membuat Short List.

Hal yang perlu diperhitungkan bagi seorang vlogger adalah kelengkapan alat yang mendukung kegiatan srorang vlogger tersebut. Untuk mengatasi kekurangan alat, ada baiknya terlebih dahulu membuat shortlist mengenai perlengkapan yang dibutuhkan.

Beberapa alat yang dibutuhkan seorang vlogger adalah kamera, tripod, tongsis, lighting, mikrofon dan jenis mikrofon lainnya (lavalier microphone dan USB microphone), perekam suara, dan software editing.

Berita Terkait