27.1 C
Indonesia
July 22, 2019
Home » Blog » Tunggu Peningkatan Kualitas Air, Waduk Sei Gong Akan Dioperasikan Tahun 2021
Batam BP Batam Ekonomi Featured Headline kepri

Tunggu Peningkatan Kualitas Air, Waduk Sei Gong Akan Dioperasikan Tahun 2021

hosting indonesia

IDNNews.id, Batam – Jika tidak ada halangan, direncanakan Waduk Sei Gong Kecamatan Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau akan dioperasikan pada 2021 mendatang.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV, Ismail Widadi sebagaimana dilansir Antara mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan pembangunan waduk yang merupakan salah satu proyek strategis nasional tersebut. 

“Sei Gong merupakan bendungan muara karena berbatasan langsung dengan laut dan diperlukan waktu sekitar dua tahun untuk membuat air menjadi tawar,” katanya.

BACA: Sudah 95 Persen, Waduk Sei Gong Galang Batam Tinggal Penggenangan

Menurutnya saat pertama kali digenangi, air pertama akan payau dan harus dibersihkan. Setelah air tawar, tidak bisa langsung digunakan dan harus dilakukan proses pembilasan satu kali lagi. 

“Ada dua kali proses yang harus dilakukan, setelah air tawar harus dibilas sekali lagi, setelah itu baru memenuhi syarat untuk diproses menjadi air minum,” ujarnya. 

Dia mengestimasikan pada 2021 air sudah bisa dialirkan kepada masyarakat. “Ini merupakan bendungan termurah yang pernah dibangun Indonesia, anggaran hanya Rp238 miliar,” jelasnya. 

Nantinya, bendungan Sei Gong dapat menampung 11,80 juta meter kubik air. Dengan luas genangan 355 hektar. “Saat ini untuk tubuh bendungan yang kita gunakan sekitar 10-20 hektar,” jelasnya.

BACA: Awal Tahun 2019 Waduk Tembesi Bakal Dioperasikan

Sebagaimana diketahui, pada 2018 dibangun sembilan bendungan itu di antaranya Bendungan Tanju di NTB, Gondang di Jawa Tengah, Logung di Jawa Tengah, Rotiklot di NTT, Sei Gong di Kepulauan Riau, Sindang Heula di Banten, Mila di NTB, Passeloreng di Sulsel dan Bintang Bano di NTB. 

Kesembilan bendungan tersebut memiliki total investasi Rp 3,85 triliun. Dari sembilan bendungan tersebut biaya pembangunan bendungan Sei Gong merupakan yang termurah yaitu Rp 238,44 miliar. 

Sementara biaya paling besar adalah pembangunan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Besar yang memiliki kapasitas sebesar 65,87 juta meter kubik dan untuk irigasi seluas 21.454 hektar sebesar Rp 667 miliar. (*)

Berita Terkait