Home ยป 10 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat Wisata

10 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat Wisata

IDNnews.id, KULINER – Kepulauan Riau merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun ada satu hal menarik lagi dari Kepulauan Riau yang menakjubkan ini, yaitu keanekaragaman kulinernya. Kepualuan Riau memiliki ratusan kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung kesini.

Berikut adalah beberapa makanan khas Kepulauan Riau yang wajib dicicipi oleh wisatawan:

1. Sop Tunjang

Sop tunjang adalah salah satu makanan khas Kepulauan Riau yang pastinya tidak boleh dilewatkan. Sop tunjang adalah sop yang berisi tulang sapi dengan beberapa bagian daging yang cukup tebal. Kuah dari sop tunjang ini mirip seperti soto hanya saja lebih bening dan kaya akan rempah.

Baca Juga  Ini Dia Pemenang Lomba Menulis dan Video bright PLN Batam

2. Asam Pedas Baung

Ikan baung adalah ikan air tawar yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Ikan baung yang diolah dengan asam pedas ini menjadi hidangan khas Kepulauan Riau yang sangat segar dan menggugah selera. Kuahnya yang berwarna merah memiliki rasa yang segar karena rempah-rempah yang digunakan.

3. Gulai Ikan Patin

Selain ikan baung, makanan khas Kepulauan Riau  lain juga menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Ikan patin yang memiliki rasa manis dan daging yang lembut sangat pas diolah menjadi gulai ikan patin. Gulai ikan patin khas Kepulauan Riau selalu menjadi menu favorit di meja makan setiap keluarga di Riau.

Baca Juga  Peringati Hari Listrik Nasional, Manajemen bright PLN Batam Sambangi Pelanggan

4. Sop dan Sate Rusa

Daging rusa mungkin bukan daging yang banyak dikonsumsi di daerah lain, tapi di Riau, daging rusa menjadi salah satu daging yang banyak dikonsumsi. Rasa daging yang manis dan lembut menjadi daya tarik kuliner yang satu ini. Di Riau, kebanyakan daging rusa diolah menjadi sop atau sate.

5. Selais Asap

Selain ikan baung dan patin, ikan lain yang tak kalah nikmat adalah ikan selais. Ikan selais diolah dengan cara diasapi hingga kering lalu dimasak kembali dengan sambal merah dan petai.


DomaiNesia

Berita Terkait