Home » 10 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat Wisata

10 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat Wisata

IDNnews.id, KULINER – Kepulauan Riau merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun ada satu hal menarik lagi dari Kepulauan Riau yang menakjubkan ini, yaitu keanekaragaman kulinernya. Kepualuan Riau memiliki ratusan kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung kesini.

Berikut adalah beberapa makanan khas Kepulauan Riau yang wajib dicicipi oleh wisatawan:

1. Sop Tunjang

Sop tunjang adalah salah satu makanan khas Kepulauan Riau yang pastinya tidak boleh dilewatkan. Sop tunjang adalah sop yang berisi tulang sapi dengan beberapa bagian daging yang cukup tebal. Kuah dari sop tunjang ini mirip seperti soto hanya saja lebih bening dan kaya akan rempah.

2. Asam Pedas Baung

Ikan baung adalah ikan air tawar yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Ikan baung yang diolah dengan asam pedas ini menjadi hidangan khas Kepulauan Riau yang sangat segar dan menggugah selera. Kuahnya yang berwarna merah memiliki rasa yang segar karena rempah-rempah yang digunakan.

3. Gulai Ikan Patin

Selain ikan baung, makanan khas Kepulauan Riau  lain juga menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Ikan patin yang memiliki rasa manis dan daging yang lembut sangat pas diolah menjadi gulai ikan patin. Gulai ikan patin khas Kepulauan Riau selalu menjadi menu favorit di meja makan setiap keluarga di Riau.

4. Sop dan Sate Rusa

Daging rusa mungkin bukan daging yang banyak dikonsumsi di daerah lain, tapi di Riau, daging rusa menjadi salah satu daging yang banyak dikonsumsi. Rasa daging yang manis dan lembut menjadi daya tarik kuliner yang satu ini. Di Riau, kebanyakan daging rusa diolah menjadi sop atau sate.

Baca Juga  Mendekati Naru, Belum Ada Penambahan Penerbangan di Bandara Hang Nadim

5. Selais Asap

Selain ikan baung dan patin, ikan lain yang tak kalah nikmat adalah ikan selais. Ikan selais diolah dengan cara diasapi hingga kering lalu dimasak kembali dengan sambal merah dan petai.

6. Gong Gong

Gong gong adalah siput laut yang diolah dengan cara direbus lalu disajikan dengan sambal yang super pedas. Gong gong yang disajikan memiliki rasa manis dan berprotein tinggi sehingga banyak masyarakat yang memasak makanan ini sebagai lauk di rumah.

7. Sop Ikan Batam

Makanan khas Kepulauan Riau lainnya adalah sop ikan batam. Sop ikan batam merupakan sop yang dibuat dengan campuran ikan tenggiri di dalamnya. Sop ini terasa sangat segar dan nikmat sehingga mampu mengembalikan tenaga.

8. Mie Lendir

Mungkin namanya terdengar sedikit menjijikkan, tapi jika melihat tampilan dan mencicipi rasanya, jauh dari kata jijik dan justru ingin lagi. Disebut mie lendir karena kuahnya yang seperti lendir. Mie lendir dibuat dari mie kuning yang dicampur dengan telur rebus dan tauge. Sedangkan kuahnya yang berlendir dibuat dari kacang-kacangan, ubi, dan bumbu lainnya.

9. Lakse

Lakse adalah mie yang bentuknya melingkar-lingkar membentuk bulatan. Lakse memiliki arti banyak yang memang dibuat dengan menggunakan banyak bumbu.

10. Cencaluk

Cencaluk adalah sajian udang berukuran kecil yang disajikan dengan berbagai potongan bumbu rempah lainnya seperti bawang merah, cabe hijau, cabe merah, dan jeruk nipis sehingga menghasilkan rasa yang segar.

Itulah 10 makanan khas Kepulauan Riau yang wajib kamu cicipi saat berada di Kepulauan Riau. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita tentang kuliner Nusantara.

Baca Juga  Yusup Maulana Mana, Pria 'Bertangan Dingin' di Perhotelan dan Pariwisata Indonesia Tapaki Indonesia Timur

DomaiNesia

Berita Terkait