Home ยป 104 SMK di Batam ‘Nikah’ dengan 750 Perusahaan

104 SMK di Batam ‘Nikah’ dengan 750 Perusahaan

IDNNews.id, Jakarta – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, M Dali mencatat hingga saat ini ada 104 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sudah “dikawinkan” dengan 750 perusahaan.

“Sebarannya di 7 kabupaten kota. Untuk semua program keahlian. Ada institusi pasangannya yang barangkali perlu dipertegas, bagaimana implementasi hasil perkawinan ini,” katanya dalam diskusi kelompok terpumpun (DKT) di Lima Menara yang disaksikan secara virtual di Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Saat ini, di Kepri ada 8 SMK Negeri, di mana pada tahun ini akan menambah 1 lagi SMK Negeri yang rencananya akan mulai menerima siswa baru pada 2021.

Selanjutnya, Kepala sub bagian Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Tanjungpinang, Liversin Oktaviadi mengatakan, bagaimana perlunya siswa SMK dan sekolah kejuruan memperoleh pelatihan yang sesuai di bidangnya. Hal ini menurutnya akan sangat berguna jika mulai pemagangan hingga pekerjaan.

Baca Juga  BERITA FOTO: Paripurna Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Ranperda Perubahan APBD Kepri

Dia mencontohkan, saat ada pengumuman pemagangan ke Jepang, setidaknya lebih dari 120 siswa SMK mendaftar. Namun saat diseleksi, hanya 8 orang yang berhasil lolos hingga tahap akhir.

“Artinya, bagaimana tamatan SMK bisa kita latih sebelum masuk ke pemagangan. Jadi, cerita yang Jpeang tadi bisa tak terjadi. Ada persiapan dari dinas pendidikan, ada kerjasama,” tegasnya.


DomaiNesia

Berita Terkait