Home » ‘Ogah’ Jadi Hewan Qurban, Sapi Ini Kabur Saat Akan ‘di-Eksekusi’

‘Ogah’ Jadi Hewan Qurban, Sapi Ini Kabur Saat Akan ‘di-Eksekusi’

IDNNews.id, Jakarta – Seekor sapi yang akan dikurbankan tiba-tiba mengamuk saat diturunkan dari truk. Sapi tersebut kabur hingga masuk ke dalam sumur.

Peristiwa itu terjadi di dekat Masjid Nurul Jihad di Jalan Pasirhonje, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Rabu (22/8/2018) pagi. Sapi tersebut baru datang untuk disembelih di Masjid Nurul Jihad.

“Awalnya jam 06.45 WIB setelah salat Id. Saat ceramah yang mengirim sapi datang. Ada tiga sapi yang dikirim, tapi saat sapi terakhir diturunkan ngamuk dan kabur. Kemungkinan stres melihat temannya dua sapi sudah diturunkan lebih dulu,” ucap ketua DKM Masjid Nurul Jihad kepada detikcom saat dihubungi.

Sapi seberat 9 kuintal tersebut kabur ke arah gang. Menurut Pepen, kemungkinan sapi melihat seorang anak kecil sehingga berusaha mengejarnya.

“Dia lihat anak kecil. Alhamdulilah anak kecilnya selamat sudah masuk ke rumah. Tapi sapinya justru masuk ke sumur yang memang ada di ujung gang. Sumurnya memang rata dengan jalan,” tutur Pepen.

Warga lantas meminta bantuan ke tim Damkar Kota Bandung. Regu penyelamat hewan datang dan langsung mengevakuasi. Menurut Pepen, evakuasi dilakukan dengan cara sapi diikat dan ditarik.

“Sapi sudah dievakuasi. Profesional dari Damkar. Cara mengikatnya dan mengevakuasi sudah benar,” kata Pepen.

Usai dievakuasi dan naik ke permukaan, pihak panitia langsung menyem

belih sapi tersebut. Pertimbangan kesehatan jadi alasan panitia langsung melakukan penyembelihan.

“Begitu naik ke atas kita langsung sembelih. Kalau tidak nanti takutnya sapi malah sakit,” kata dia.

Lepas Dari Ikatan

Sementara itu, seekor sapi diduga stres lepas dari ikatan tali dan berkeliaran saat hendak disembelih di Masjid Mat’laul Anwar, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca Juga  Hadirkan All New Honda PCX 150, Makin Untung di Juli

Fahmi, salah satu panitia pemotongan hewan kurban Masjid Mat’laul Anwar mengatakan, sapi tersebut stres karena merasa terganggu dengan kegaduhan yang dilakukan anak-anak kecil di Masjid tersebut.

“Lagi mau disembelih trus dilepas ikatannya, mau dibawa ke area penyembelihan, eh dia ( Sapi) ngamuk terus lepas lari-larian,” kata Fahmi Rabu (22/8/2018).

Berdasarkan keterangan Fahmi, warga sekitar kewalahan mengejar sapi tersebut, dikarenakan sapi terus berlari dan berputar-putar hingga ke Jalan KH. Mas Mansyur.

“Pas lepas dia lari muter-muter dari sini sampe ke depan jalan raya situ, lumayan jauh juga itu sekitar 1 kilometer dari sini,” ujar Fahmi.

Kepala BP Batam Serahkan Hewan Qurban Seberat Hampir 1 Ton Disini

Warga pun terus mengejar sapi tersebut lalu mengepungnya ketika sapi memasuki gedung TCC di Jalan KH. Mas Mansyur. Setelah mengejar sapi selama 2 jam, warga akhirnya berhasil menangkap sapi itu dengan mengepungnya dan meraih tali dari sapi tersebut.

Sapi kemudian dibawa kembali ke Masjid menggunakan mobil. Tidak ada yang terluka dalam pengejaran sapi tersebut. Kini sapi tersebut sudah disembelih serta dagingnya siap di distribusikan untuk warga RW 04, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. (*)


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait