Home » Stop Ribut! Kita Bantu Rupiah Menguat dengan 7 Cara ini yuk

Stop Ribut! Kita Bantu Rupiah Menguat dengan 7 Cara ini yuk

idnnews.id – Sepanjang akhir Agustus-September, nilai tukar rupiah semakin merosot.  Hal itu berdampak, kepada Dolar yang semakin tinggi terhadap rupiah. Bisa dibayangkan, pada 4 September 2018, satu Dollar bisa mencapai Rp.15.029. Anjloknya rupiah tersebut tentu berdampak ke segala sektor.

Turunnya nilai tukar rupiah tersebut  disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut ialah dari dalam dan luar negeri. Penyebab dari luar negeri ialah dikarenakan adanya isu perang dagang antara Amerika-Cina, Kenaikan Fed Fund Rate, serta tekanan dari Argentina dan turki yang inflasinya cukup tinggi.

Sedangkan untuk penyebab dari dalam negerinya yang sangat utama ialah pembelian valas oleh korporasi untuk impor yang masih besar. Sehingga terjadi defisit neraca perdagangan.

Di tengah krisis moneter ini, kita masih bisa berupaya untuk menstabilkan nilai rupiah. Karena, menaikan nilai rupiah harus dilaksanakan oleh setiap pihak agar dampak negatifnya pun tidak dirasakan kembali.

Berikut ini ialah 7 Cara sederhana yang bisa diterapkan untuk menguatkan nilai rupiah!

1. Beli Produk Lokal

Cara sederhana yang pertama ialah dengan membela dan membeli produk dalam negeri.

Cara paling sederhana ialah dengan mendukung produk-produk lokal, yaitu dengan membeli dan menggunakan produk-produk lokal. Sebisa mungkin, kita kurangi membeli produk-produk luar yang justru akan merugikan kita sendiri.

Jadi, dimulai dari sekarang pilihlah barang-barang yang berasal dari dalam negeri!

2. Menunda Beli Transportasi Barang Elektronik

Kurangi dan tunda konsumtif membeli barang-barang elektronik mulai dari sekarang ya!

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, barang elektronik dan transportasi diproduksi di luar negeri. Dengan membeli barang-barang tersebut justru akan semakin memperkuat nilai dollar.

Jadi, untuk kamu yang ingin membeli motor, mobil, AC, atau barang elektronik lainnya, ditunda dulu ya, sampai nilai tukar rupiah stabil kembali.

3. Menukar Dollar Ke Rupiah

Menukarkan Dolar, memperkuat Rupiah!

Sebagai warga Indonesia yang mencintai bangsanya, sudah sepatutnya mencintai rupiah dan bangga menggunakannya. Karen ekesistensi dollar tinggi, jangan sampai kita menukarkan rupiah ke dollar. Hal tersebut justru akan membuat rupiah semakin anjlok.

Baca Juga  Ditreskrimsus Polda Kepri Amankan 2.389 Ponsel Black Market

Maka dari itu, kita patut memiliki keberanian untuk memegang rupiah. Maksudnya ialah kita harus berani menukarkan Dollar ke Rupiah agar nilai mata uang kita justru akan kembali menguat.

4. Menunda Berwisata Ke Luar Negeri

Tunda berpergian ke luar negeri dulu ya! Lebih baik berwisata keliling Indonesia!

Sudah pasti, ketika kita berwisata ke luar negeri pasti akan menambah valuta asing ke negara yang kita singgahi. Dengan begitu, sama saja kita menukarkan rupiah ke dollar yang akan membuat rupiah semakin menurun.

Jika tidak mau rupiah semakin terpuruk, tahanlah dulu berpergian ke luar negeri. Jika ingin berwisata, wisalah ke tempat-tempat yang ada di Indonesia. Indonesia begitu luas dan keren!

5. Menggunakan Transportasi Publik

Yuk manfaatkan transportasi publik agar sedikit-sedikit nilai rupiah stabil!

Cara berikutnya ialah menggunakan transportasi publik. Dengan menggunakan transportasi publik yang ada di Indonesia itu bisa berperngaruh ke memperkuat rupiah. Karena kita memperbanyak transaksi dengan rupiah.

Alasan berikutnya ialah karena dengan penggunaan transportasi publik, dapat mengurangi BBM dan penggunaan membeli mobil atau motor dari luar negeri. Ayo lakukan hal sederhana ini agar rupiah kembali menguat!

6. Perbanyak Transkasi Dengan Rupiah

Gunakan Rupiah dalam kondisi apapun akan memperkuat nilai tukar Rupiah

Indonesia kaya akan pesona alamnya yang indah. Hal itu bisa dipaksa untuk memperkuat nilai rupiah dengan cara membenahi sektor pariwisata. Seperti yang kita ketahui, pariwisata ialah ladang yang empuk bagi penambahan devisa dan valuta asing.

Maka dari itu, gunakan rupiah disetiap transaksi pariwisata. Baik wisatawan domestik dan khususnya wisatawan mancanegara. Karena, andalan indonesia untuk memperkuat rupiah ialah dengan cara seperti ini.

7. Menjual Karya Cipta Ke Luar Negeri

Ekspor akan cukup bagus kalau para birokrat di Kemendag kreatif, cekatan terobos pasar global,  dan sinergis.

Seperti yang diucapkan oleh Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara yang ditemui finance.detik.com, dengan menekan ekspor ke luar negeri pun bisa mempekruat nilai tukar rupiah kembali.

Baca Juga  Diduga Terima Gratifikasi, Kabag Hukum Pemko Batam 'Mondar-mandir' di Kejari Batam

Dengan menekan ekspor, akan mempengaruhi neraca perdangan dan valas. Apabila neraca perdagangan dan valas naik, justru nilai rupiah akan kembali stabil. Paling tidak, tidak semakin anjlok.

Maka dari itu, yang memiliki usaha dari sektor perdagangan, dibutuhkan nasionalis tinggi untuk tidak memanfaatkan keuntungan terhadap diri sendiri dan lebih fokus untuk mengekspor barangnya ke luar negeri.

Itulah 7 cara sederhana yang bisa diterapkan untuk memperkuat nilai rupiah kembali. Ayo sama-sama membantu pemerintah untuk mewujudkan nilai rupiah menjadi dibawah Rp.10.000/ dollar!


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait