Home » Apa Aja Dampak Positif dan Negatif Dari Game MOBA

Apa Aja Dampak Positif dan Negatif Dari Game MOBA

IDNnews.id – Kini jutaan orang di berbagai kalangan, negara, profesi, dan usia menjadi penggemar game populer ini, Mobile Lagend. Para pemainnya pun tak mengenal usia, dari anak-anak, para remaja, bahkan mereka yang dewasa turut serta bermain. Pada dasarnya, game bukanlah sesuatu yang perlu kita waspadai, akan tetapi game juga akan memberikan efek apabila kita sudah mulai ‘kecanduan’ dibuatnya. Nah, bagi Anda pecinta game MOBA ini, inilah beberapa informasi yang bisa jadi referensi.

Dampak Positif Mobile Legend

  • Melatih Kesabaran

Dengan bermain game ini, kalian mungkin dapat belajar untuk melatih kesabaran. Contoh kecil melatih kesabaran dengan game ini adalah saat Anda sedang asik bermain tapi terganggu dengan koneksi internet yang sering terputus, maka bersabarlah.

  • Pantang Menyerah

Kalian pasti pernah mengalami saat dimana tim kalian dibantai habis oleh musuh kan? Disitulah kalian akan belajar untuk menjadi orang yang pantang menyerah, sedikit demi sedikit berusaha mengembalikan keadaan.

  • Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Saat-saat dimana kalian dihadapkan dengan musuh dimedan perang, disitulah Anda akan berpikir dengan berbagai cara untuk menentukan kapan harus menyerang, kapan harus mundur dengan perhitungan yang matang.

Dampak Negatif Mobile Legend

  • Kesehatan Menurun

Saat Anda telah kecanduan game, secara tidak langsung Anda akan selalu fokus bermain hingga menyita waktu istirahat khususnya tidur, selain itu juga waktu makan dan olahraga. Hal inilah yang selanjutnya akan berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

  • Waktu yang Terbuang

Memang game dapat mengisi waktu luang Anda yang mungkin membosankan, tapi disisi lain setelah Anda kecanduan bermain game, waktu Anda secara tidak sadar akan terbuang sia-sia. Misalnya saja waktu untuk bercengkrama bersama keluarga, atau orang-orang tersayang.

  • Gaming Disorder
Baca Juga  Apresiasi Puluhan Ribu Relawan Covid-19, Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Kuota Data

Gaming disorder adalah salah satu gangguan yang muncul akibat seseorang kecanduan terhadap game. Gangguan ini akan menghasilkan kerusakan yang cukup parah bagi pribadi, keluarga, hubungan sosial, pendidikan, pekerjaan, dan aspek penting lainnya. Dampak buruk ini kira-kira akan terjadi sedikitnya 12 bulan.

Mungkin saat ini, angka penyebaran gaming disorder sendiri masih kecil jumlahnya, akan tetapi seiring bertambahnya waktu pengidapnya pun tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah.

Tak tanggung-tanggung, jika Anda bermain game tanpa memperhatikan durasi waktu dan terus menerus menambah durasi tentunya akan mengganggu kesehatan fisik, psikologi, dan fungsi sosial Anda.

Selain memberikan dampak positif, disisi lain dampak negatif bermain game pun juga tak kalah menakutkan. Ada baiknya bagi Anda para pecinta game untuk lebih berhati-hati dan lebih bijaksana dalam menyikapinya. Semoga artikel ini bermanfaat.


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait