Home » Jangan Salah, Inilah Perbedaan Tsunami dan Gelombang Pasang

Jangan Salah, Inilah Perbedaan Tsunami dan Gelombang Pasang

IDNnews.id – Berbagai media saat ini sedang dipenuhi dengan berita tentang tsunami yang menerjang Banten dan Lampung. Kejadian bencana alam tersebut memakan banyak korban jiwa dan memporak-porandakan seluruh kawasan pesisir Pantai Tanjung Lesung.

Kerugian hingga milyaran rupiah pun harus terjadi lantaran banyak sekali hotel yang berdiri di sekitar kawasan tersebut. Tsunami yang terjadi pada hari Sabtu, 22 Desember 2018 lalu memang tidak terprediksi, karena saat itu tidak diketahui adanya tanda apapun dan mirip dengan gelombang pasang seperti biasanya.

Namun tahukah Anda perbedaan antara gelombang pasang dengan tsunami? Berikut adalah penjelasan tentang tsunami dan gelombang pasang:

Tsunami

Tsunami memiliki gelombang yang panjangnya sekitar 100 hingga 200 kilometer. Jauh lebih panjang dibandingkan dengan panjang dari gelombang pasang.

Tsunami juga biasanya datang dengan tiba-tiba dan sangat cepat. Hanya dalam hitungan detik saja, gelombang tsunami mampu mencapai ke daratan.

Kekuatan yang dimiliki tsunami juga sangat besar dan mampu menghancurkan setiap benda yang menghalanginya hanya dalam hitungan detik.

Periode gelombang tsunami juga cukup lama, yakni sekitar 10 hingga 20 menit. Hal ini dikarenakan panjang dari gelombang tsunami yang sangat panjang.

Untuk amplitudo dari gelombang tsunami sendiri mencapai  beberapa puluh sentimeter hingga satu meter.

Gelombang pasang

Sedangkan untuk gelombang pasang, ciri khas yang dimiliki sangat berbeda dengan gelombang tsunami. Gelombang pasang hanya memiliki panjang sekitar 10 hingga 200 meter saja. Ribuan kali lebih pendek dibandingkan dengan gelombang tsunami.

Untuk periodenya sendiri, gelombang pasang hanya terjadi dalam hitungan detik yakni sekitar 6 hingga 12 detik. Jauh lebih singkat dibandingkan dengan gelombang tsunami. Sedangkan untuk amplitudo gelombang pasang adalah sekitar 10 meter.

Baca Juga  Gunakan GoFood, Edelweiss Fine Bakery Gratiskan Cinnamon Roll dan Fruit Danish

Gelombang pasang juga terjadi dengan perlahan, tidak tiba-tiba seperti gelombang tsunami. Kekuatan yang dimiliki oleh gelombang pasang juga sangat kecil, sehingga sangat jarang gelombang pasang mampu mencapai daratan atau bibir pantai. Kekuatan yang rendah ini juga tidak menyebabkan kerusakan layaknya gelombang tsunami.


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait