Home » Optimistis Pariwisata Segera Pulih, NTB Siapkan 18 Event di Tahun Baru

Optimistis Pariwisata Segera Pulih, NTB Siapkan 18 Event di Tahun Baru

IDNnews.id – Calendar of Event (CoE) terbaik dideklarasikan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk 2019. NTB pun jadi provinsi pertama yang melaunching CoE-nya. Dari 18 event, 22% slot diantaranya masuk 100 Top Event Nasional.

Bertajuk “Spirit of Lombok Sumbawa” peluncuran yang  digelar pada Sabtu, (29/12) dilakukan  di area kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Kepala Dinas Pariwisata NTB L. Moh Faozal menjelaskan alasan utama mengapa peluncuran itu dilakukan di bandara Soetta. Menurut dia, pihaknya ingin menjemput bola, mendekati pasar di akhir tahun ini.

“Wisatawan yang hadir bisa menikmati expo dan berbagai kejutan lainnya di acara peluncuran ini. Kami harapkan juga mereka  akan berkunjung ke Lombok Sumbawa khususnya pada gelaran event yang kami siapkan sepanjang 2019,” jelas Faozal.

Terkait event-event NTB 2019 yang siap diluncurkan, Faozal menjelaskan ada 14 event permanen yang digelar setiap tahunnya. Event-event tahunan yang menjadi unggulan berlokasi di Pulau Sumbawa yakni Festival Pesona Tambora, Festival Lawata, Festival Pesona Mayo, Mantar Paragiding, Festival Sangiang Api dan Festival Pacuan Kuda.

Sementara di pulau Lombok, ada Festival Pesona Sangigi, Mandalika International Marathon, Pesona Desa Wisata, Bulan Pesona Lombok Sumbawa, Rinjani 100, Festival Pesona Khasanah Ramadhan Tour de Lombok Mandalika, Bay Nyae, Lombok Sumbawa Great Sale dan Jambore Otomotif Nasional Ikatan Motor Indonesia.

“Semua event ini dalam upaya mendongkrak angka kunjungan wisatawan dengan target 4 juta orang antara lain 2juta wisnus dan 2juta wisman,” ujar Faozal.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik CoE NTB 2019. Sejak awal 2019, branding Lombok-Sumbawa akan dilakukan masif. Cara ini efektif untuk menarik wisman. Setelah itu, baru media sosial,” katanya lagi.

Baca Juga  BPS Apresiasi Dukungan Pemko Batam dalam Sensus Penduduk 2020

Menpar pun optimistis, pariwisata NTB akan pulih kembali. Apalagi, Pulau Seribu Masjid ini memiliki brand kuat sebagai destinasi wisata halal. Mengacu Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018, NTB ini berada di urutan pertama dengan nilai 58. Strip kedua ditempat Aceh, lalu Jakarta di posisi 3. Pada 2016, NTB bahkan memenangkan 3 award di World Halal Tourism Award.

“Dengan menghadirkan tagline NTB Hala Tourism pada tahun 2016, 2017 NTB menjadi daerah Halal terbaik se Indonesia. Ketika halal tourism terbaik di Indonesia maka sangat berharap akan menjadi yang terbaik di dunia,” imbuh Menpar Arief Yahya.

Sumber:genpi


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait