Home » China Klaim Telah Bebaskan Jutaan Muslim Uighur yang Ditahan

China Klaim Telah Bebaskan Jutaan Muslim Uighur yang Ditahan

IDNNews.id, China – Pemerintah China mengklaim bahwa etnis Uighur dan minoritas lainnya yang diyakini ditahan di Xinjiang, telah dibebaskan. Meski klaim tersebut telah diumumkan sebelumnya, namun China tak memberikan bukti. 

China menuai kritik internasional karena dituduh menahan 1.5 juta orang untuk pendidikan ulang dan penahanan internasional lainnya. Gubernur Xinjiang Shohrat Zakir mengatakan kepada wartawan di Beijing bahwa jutaan orang itu telah kembali ke masyarakat.

China sejak lama mengatakan bahwa pihaknya tidak menjalankan kamp-kamp pendidikan, seperti yang dituduhkan oleh dunia internasional sebagai tempat indoktrinasi politik. China mengklaim mereka menawarkan ‘pelatihan kejuruan’ gratis kepada warga yang hadir secara sukarela.

Baca juga : Bangun Karakter Remaja Muslim Berkualitas, BKDI BP Batam Lakukan Hal Ini

“Saat ini semua peserta yang berpartisipasi telah menyelesaikan studi mereka, mendapatkan pekerjaan yang stabil dengan bantuan pemerintah dan telah meningkatkan kualitas hidup mereka dan menjalani kehidupan yang bahagia,” kata Zakir seperti dilansir dari The Guardian, Senin, 9 Desember 2019.

Dia mengatakan, program tersebut berfokus pada pengajaran keterampilan bahasa China, hukum dan keterampilan kejuruan untuk menghilangkan ekstremisme.

Namun beberapa dokumen yang terungkap membantah klaim tersebut. Dokumen-dokumen tersebut berisi strategi untuk menahan etnis minoritas yang tidak melakukan kejahatan, demi perubahan pendidikan.

Baca juga : Taklukkan Pasangan Malaysia, Praveen/Melati Sabet Medali Emas

Dokumen itu juga mencakup langkah-langkah keamanan untuk memastikan tidak ada satu pun warga yang lolos dan siswa harus hadir setidaknya selama satu tahun.

Warga Uighur dan Kazakh di luar China mengatakan bahwa anggota keluarga mereka di Xinjiang masih ditahan di kamp. Sementara mereka yang belum berada di kamp akan terus diawasi dan hidup di bawah ancaman. (*)

Baca Juga  Gunakan GoFood, Edelweiss Fine Bakery Gratiskan Cinnamon Roll dan Fruit Danish

PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait