Home » Air Baku Cukup, BP Batam Minta Pembatalan Rencana Rationing

Air Baku Cukup, BP Batam Minta Pembatalan Rencana Rationing

IDNNews.id, Batam – Berkurangnya kapasitas waduk Duriangkang yang saat ini mencapai minus 3,38 meter dari permukaan bangunan pelimpah, dipandang Badan Pengusahaan (BP) Batam masih mencukupi untuk menyuplai air baku sesuai dengan kapasitas 225 liter per detik.

Dan hal tersebut diperkuat dari hasil penyelaman yang dilakukan oleh BP Batam, dimana masih ada 40 centimeter (cm) dari posisi air ke dasar. Dan terbilang masih memiliki waktu 20 hari terhitung hari ini.

“Kami menilai, ketersediaan air baku waduk Duriangkang saat ini masih tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kapasitas produksi WTP Duriangkang dan Tanjung Piayu,” jelas Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam Binsar Tambunan disela-sela jumpa pers dengan awak media di Kantor BP Batam, Kamis (26/3/2020) pagi.

Pihaknya pun menegaskan bahwa BP Batam tidak setuju atas rencana ATB yang merupakan operator air bersih di Batam untuk melakukan penggiliran air kepada pelanggan. Mengingat, air baku masih tersedia dalam jumlah yang cukup.

“Kami meminta kepada ATB, untuk segera melakukan berbagai langkah praktis untuk perbaikan sistem pengambilan air baku mereka di Waduk Duriangkang,’ tegasnya.

Mengingat, tambah Binsar, ATB memiliki predikat sebagai operator air minum terbaik dan mengklaim teknologi mutakhir SCADA untuk distribusi air.

“Dengan teknologi yang dimiliki ATB, seharusnya bisa melakukan upaya perbaikan sistem pengambilan air baku tersebut. Bahkan jauh hari sebelumnya dan mengatur pendistribusian air sedemikian rupa untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat Batam,” terangnya. (Iman Suryanto)

Baca Juga  Bank Nagari Buka Lowongan Kerja Terbaru, Ini Jadwal dan Alur Pendaftaran

PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait