Home » Hasil Rapid Tes Keluar, 8 Orang Positif Covid-19 di Kepri. 6 di Tanjungpinang dan 2 di Batam

Hasil Rapid Tes Keluar, 8 Orang Positif Covid-19 di Kepri. 6 di Tanjungpinang dan 2 di Batam

IDNNews.id, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepri mengumumkan delapan orang positif corona atau Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil rapid tes yang dilakukan tim terkait pada Jumat (27/3/2020).

Dari jumlah tersebut, diketahui enam orang berada di Tanjungpinang dan dua orang di Batam.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana sebagaimana dilansir Sindo mengatakan, penambahan 6 orang positif Covid-19 di Tanjungpinang ada hubungannya dengan kunjungan ke Malaysia dalam rangka mengikuti kegiatan keagamaan beberapa waktu lalu.

Tjetjep mengatakan 5 orang dari 6 orang positit covid 19 ini, tidak diisolasi di RSUP karena kondisinya sehat. Kelima orang ini dirawat di rumah singgah di belakang RSUP Kepri.

“5 orang ini kondisi sehat, tapi positif berdasarkan rapid test. Mereka akan dikawal Satpol PP dan aparat kepolisian. Tidak boleh dijenguk,” kata Tjetjep, Minggu (29/3/2020).

Tjetjep mengatakan saat ini Kepri sudah menggunakan dua metode tes untuk menganalisis Covid-19 di Kepri.

Metode pertama yaitu menggunakan metode swab dan rapid test. Sehingga nanti akan ada dua laporan positif yang dilaporkan yaitu menggunakan swab dan rapid test.

Jika angka positif di Kepri bertambah jumlahnya dalam volume besar, warga Kepri diharapkan tidak terlalu takut tapi tetap waspada.

Sebelumnya, Provinsi Kepri sudah mulai melakukan rapid test sejak Jumat (27/3) di Batam, Karimun dan Tanjungpinang.

“Rapid test ini menggunakan sampel darah. Hasilnya bisa diperoleh dalam waktu 10 menit,” kata Tjetjep.

Tjetjep mengatakan biasanya hasil dari rapid test dan swab hasilnya tidak beda. Meskipun demikian semua pasien yang sudah dinyatakan positif lewat rapid test akan tetap dilakukan metode swab. (*/Sindo)

Baca Juga  Bertambah 6 Orang, Total 250 Warga Sumbar Dinyatakan Sembuh Covid-19

PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait