Home » Meski Turut ‘Perangi’ Covid-19, DPRD Batam Ingatkan Pemko dan BP Batam Jaga Kualitas Pelayanan ke Masyarakat

Meski Turut ‘Perangi’ Covid-19, DPRD Batam Ingatkan Pemko dan BP Batam Jaga Kualitas Pelayanan ke Masyarakat

Nuryanto
Nuryanto

IDNNews.id, Batam – Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, mengingatkan kepada Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, meski dalam kondisi seperti saat ini.

Pihaknya pun menyadari, saat ini Pemerintah Kota Batam dan BP Batam tengah ‘bahu-membahu’ bersama institusi dan litas sektroal lainnya, dalam memerangi dan meredam penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Batam.

“Saya juga menyadari kedua institusi ini tengah disibukkan dan tengah fokus dalam memerangi dan memberantas penyebaran Virus Corona. Dan saya mengapresiasikan setinggi-tingginya,” jelas Nuryanto saat menghubungi IDNNews.id, Senin (30/3/2020) siang.

Nuryanto
Nuryanto

Namun demikian, tambahnya, kiranya kualitas pelayanan ke masyarakat juga bisa tetap dipertahankan. Contohnya, dalam hal pelayanan perizinan dan perekonomian.

“Dan jangan karena kesibukan menangani satu hal, pelayanan yang lain juga ikut-ikutan berhenti. Kan kacau jadinya. Untuk itu, Kami dari Dewan Batam meminta agar Pemko Batam dan BP Batam untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam kondisi saat ini,” jelas Pria yang akrab disapa Cak Nur ini.

Politisi PDI Perjuangan ini pun mengingatkan bahawa apa yang disampaikannya tersebut merupakan beberapa dari sekian banyaknya keluhan yang disampaikan masyarakat kepadanya.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk mengingat kembali Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009. Ini adalah, undang-undang yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintahan yang baik yang merupakan efektivitas fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri.

Dimana pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintahan atau koporasi yang efektif, dapat memperkuat demokrasi dan hak asasi manusia, mempromosikan kemakmuran ekonomi, kohesi sosial, mengurangi kemiskinan, meningkatkan perlindungan lingkungan, bijak dalam pemanfaatan sumber daya alam, memperdalam kepercayaan pada pemerintahan dan administrasi publik.

Baca Juga  Shalat Jumat Pertama, Umat Muslim Padati Masjid Agung Batam Center
Nuryanto, Ketua DPRD Batam

Untuk itu, negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publikm yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,

Serta membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik, merupakan kegiatan yang harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik, sebagai upaya untuk mempertegas hak dan kewajiban setiap warga negara dan penduduk serta terwujudnya tanggung jawab negara dan korporasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. (Iman Suryanto)


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait