Home » Wacana Karantina Wilayah dan Mandiri ‘Menyeruak’ di Rapat Muspida Kota Batam

Wacana Karantina Wilayah dan Mandiri ‘Menyeruak’ di Rapat Muspida Kota Batam

IDNNews.id, Batam – Sebagai bentuk menghentikan penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kota Batam bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID19 Kota Batam mewacanakan pengkarantinaan wilayah dan mandiri.

Hal tersebut terungkap dalam rapat bersama seluruh unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Batam di dataran Engku Putri, Batam Center, Selasa (31/3/2020) pagi.

Hal ini disebabkan oleh adanya keterbatasan tenaga pengamanan dan pengawasan, maka Pemerintah Kota Batam akan membagi 3 Zona pengawasan. Dimana zona itu sendiri, nantinya akan terdiri atas 3 kecamatan.

“Agar lebih memudahkan aparat pengamanan untuk pengawasan, masyarakat diharapkan bisa patuh dan berdiam diri di rumah.

Intinya semua masyarakat Kota Batam, akan kita minta untuk melakukan karantina mandiri di kediamannya masing-masing. Dan kurangi aktifitas di luar rumah. Sehingga hal ini bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” jelas Wali Kota Batam HM Rudi.

Untuk itu, pada tahap awal pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu akan jumlah warga yang masuk dalam kategori kurang mampu, sebelum diberlakukan wacana tersebut.

Dan untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat, Pemerintah Kota Batam akan membagikan sembako terhadap masyarakat yang melakukan Karantina Mandiri (di rumah aja,red) sesuai dengan kemampuan yang ada. Yakni dalam bentuk beras 20 Kilogram (Kg), gula 3 kg dan minyak 2 liter setiap bulannya per 1 kepala keluarga.

“Adapun kriteria warga yang penghasilannya terdampak langsung, Seperti driver ojek online hingga masyarakat yang masuk dalam kategori pekerja lepas harian. Nanti kita akan gandeng juga BP Batam jika penerapan ini berjalan nantinya,” terangnya. (Iman Suryanto)

Baca Juga  Sebanyak 137 orang Pasien Covid-19 di Padang Dinyatakan Sembuh

PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait