Home » Perpanjangan Waktu Pencairan BST, Warga Padati Kantor Pos Batam Center

Perpanjangan Waktu Pencairan BST, Warga Padati Kantor Pos Batam Center

IDNNews.id, Batam – Jumat (22/5/2020) pagi, suasana Kantor Pos Batam Centre, Batam dipadati ratusan warga dari beberapa daerah di Batam, guna melakukan pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Akibatnya, antrean warga terlihat menyemut di pintu masuk. Mereka menunggu dipanggil sesuai dengan nomor urut yang dipegangnya.

Meski panitia sudah menyiapkan kursi dengan jarak aman, namun warga tampak berkumpul dan seakan-akan mengindahkan protokol kesehatan yang diterapkan guna pencegahan Covid-19 di Kota Batam.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Hazril Apriansyah saat dihubungi awak media menuturkan, kondisi tersebut sudah disampaikan petugas di lapangan agar warga yang mengantri untuk selalu menjaga jarak dan tidak melanggar protokol kesehatan.

“Sudah disampaikan oleh petugas di lapangan agar warga yang mengantri untuk menjaga jarak dan menjalankan protokol Kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Cabang Batam, Masni Gardenia Augusta yang dihubungi melalui pesan singkat elektronik menegaskan bahwa warga yang mengantri untuk mendapatkan BST tersebut, merupakan masyarakat yang belum sempat mengambil dalam periode 14-20 Mei 2020 lalu.

“Sehingga, kita memberikan waktu 2 hari (Jumat dan Sabtu (22-24/5/2020) ini untuk diambil,” jelasnya.

“Tambahan hari bayar, hari ini dan besok. Tentatif tergantung pengumuman 1 Syawal oleh menteri agama. Kalau besok 1 Syawal hari tambahan cuma hari ini saja,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, terhitung Kamis (14/5/2020), Kantor Pos Pusat Batam Center menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) untuk 20.364 warga 12 Kecamatan di Kota Batam.

Hal ini tersebut diungkapkan Kepala Kantor Pos Batam, Masni Gardenia Augusta saat ditemui awak media.

Pihaknya juga mengatakan bahwa ada 12 cabang Kantor Pos di seluruh wilayah Kota Batam dan Kantor Camat Galang yang akan melayani penyaluran bantuan tunai senilai Rp 600 ribu per keluarga per bulan bagi warga yang terdampak wabah Covid-19.

Baca Juga  Disbudpar Batam Sebut Hotel di Batam Siap Menjadi Tempat Karantina Bagi WNA

“Oleh karena itu, warga penerima bantuan diwajibkan menunjukkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga saat mengambil bantuan di wilayah tugas Kantor Pos tadi,” jelasnya.

Dan khusus pada Kamis(14/5/2020) ini, Kantor Pos Pusat Batam Center melayani untuk 2 kelurahan yakni Sukajadi dan Sei Panas. Dengan jumlah penerima 521 warga terdampak, dengan nominal mencapai Rp312.600.000.

“Hari ini adalah perdana, untuk di kecamatan Batam Kota dan untuk warga di 2 kelurahan saja. Mulai besok, ada 8 lokasi dan 12 lokasi pada hari berikutnya. Dimana program ini memiliki 3 tahapan yakni pada April, Mei dan Juni,” jelas Masni.

Dan sebagai salah satu cara mengurai antrean, pihaknya akan menempatkan dan menambah petugas di sejumlah titik yang masuk dalam kategori padat penerima BST.

“Kita setting nanti, jika dilihat kepadatannya maka akan kita tambah petugasnya. Idealnya, 1 petugas akan melayani 250 orang penerima bantuan BST. Akan kita lihat kondisi di lapangan nanti,” jelasnya.(Iman Suryanto)


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait