Home » Hari Ini, Pemerintah Daerah Buka Tempat Ibadah di Batam dengan ‘Syarat’ Ikuti Protokol Kesehatan

Hari Ini, Pemerintah Daerah Buka Tempat Ibadah di Batam dengan ‘Syarat’ Ikuti Protokol Kesehatan

IDNNews.id, Batam – Pasca-mengikuti rapat bersama tokoh Agama, Pemerintah Kota Batam memutuskan untuk membuka tempat-tempat ibadah yang ada di seluruh wilayah Kota Batam.

Namun pembukaan tempat ibadah ini, tentunya harus mengikuti anjuran dan himbauan yang sudah diterapkan dalam protokol kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar saat dihubungi awak media disela-sela pelaksanaan Shalat Berjamaah Perdana di Masjid Agung Batam Center, pada Selasa (26/5/2020) pagi.

“Selesai rapat tadi, Pemerintah Kota Batam melalui Wali Kota Batam HM Rudi menginginkan peserta melaksanakan salat berjamaah. Tujuannya adalah untuk melihat, bagaimana pelaksanaan protokol kesehatan. Terutama menjaga jarak, pengenaan masker dan di setiap pintu masuk disediakan hand sanitizer dan petugas yang akan mengukur suhu badan,” jelasnya sambil menyebutkan tokoh agama dari Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu hingga Budha.

Sehingga, tambahnya, harapannya adalah mulai saat ini pihaknya meminta kepada pengurus tempat ibadah baik, untuk membuat surat pernyataan, yang bertujuan agar pengurus tempat ibadah dan jamaahnya siap untuk melaksanakan ibadah bersama-sama dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Jadi yang datang ke masjid dan tempat ibadah wajib mengenakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak 1 sampai 1,5 meter. Dan ketika ini berjalan, kita akan tetap melaksanakan evaluasi yang dilakukan oleh tim terdiri dari berbagai lapisan, dan melibatkan Camat, Lurah,RT, RW dan dan pengurus tempat ibadah untuk memantau pelaksanaan ini nantinya,” jelasnya.

“Intinya adalah, Pemerintah Kota Batam mengizinkan untuk dibukanya tempat ibadah, namun dengan catatan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Dan jika nantinya, tidak melaksanakan protokol kesehatan tersebut, maka Pemerintah akan menutup tempat ibadah tersebut. Dan nanti akan kita lihat hingga sampai tanggal 15 Juni. Kalau ini bagus, maka akan diterapkan seterusnya,” jelasnya. (Iman Suryanto)

Baca Juga  Gelar The NextDev Hub Virtual Talks, Telkomsel Dorong Komunitas Startup Berinovasi

PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait