Home » Suwarso: Calon Penumpang Bandara Hang Nadim Batam Harus Kantongi Surat Penting Ini

Suwarso: Calon Penumpang Bandara Hang Nadim Batam Harus Kantongi Surat Penting Ini

IDNNews.id, Batam – Terhitung Rabu (3/6/2020), puluhan dari 293 tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang sebelumnya menjalani karantina di Batam, akhirnya dipulangkan ke daerah asal mereka masing-masing melalui Bandara Hang Nadim Batam.

Tercatat, para TKI tersebut akan pulang ke kampung halamannya di Surabaya, Jawa Timur dan Makasar dari Batam.

Dan proses pemulangan para TKI tersebut, diakui Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam dan Teknologi Informasi BP Batam Suwarso telah melalui proses dan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat maupun Kementerian Perhubungan.

Serta berkoordinasi dengan lintas sektoral di Kota Batam. Diantaranya KKP, Aparat Kepolisian dn TNI AU.

“Kami dari manajemen Bandara, tentunya sudah berkoordinasi dengan unit terkait dalam penerapan protokol kesehatan di Bandara Hang Nadim Batam. Khususnya untuk para penumpang yang akan bepergian,” Jelas Suwarso saat dihubungi awak media.

Jadi, tambahnya, bagi calon penumpang yang akan bepergian tentunya harus mengantongi beberapa surat penting selama perjalanan mereka. Dimana hal ini sesuai dengan Surat Gugus Tugas Nomor 5 dan Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan Nomor 116 tahun 2020.

“Dimana intinya dari surat-surat tersebut adalah, bahwa calon penumpang tersebut sudah dinyatakan bebas dari Covid-19. Ada tiga surat penting. Antara lain, Surat SWAB, Surat dari Institusi hingga surat jalan ,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, 40 dari 293 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia menjalani masa karantina di Kota Batam, kembali ke daerah asal mereka.

Dari ke-40 TKI ini, sebanyak 28 diantanya kembali ke Surabaya, Jawa Timur dan 12 orang TKI lainnya berada di Makassar. Dan 208 TKI sisanya masih menjalani karantina sebelum nantinya bisa kembali ke daerah mereka.

Baca Juga  Hadirkan All New Honda PCX 150, Makin Untung di Juli

“Pagi ini 40 PMI di Rusun Pemerintah Kota (Pemko) Batam, pulang ke daerahnya dengan maskapai Lion Air jam 09.00 WIB,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Pemulangan ke-40 TKI tujuan Makassar dan Surabaya ini merupakan hasil koordinasi antara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam dengan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI).

“Kita yang urus transportasi mereka ke Bandara,” kata Didi lagi. (Iman Suryanto)


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait