Home » KPU Batam: Ini Tahapan di Pemilihan Kepala Daerah 2020

KPU Batam: Ini Tahapan di Pemilihan Kepala Daerah 2020

IDNNews.id, Batam – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 terus dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan oleh KPU Batam.

Komisioner KPU Batam, Martius menegaskan pelaksanaan Pilkada di 2020 ini terbilang berbeda. Mengingat, dilakukan dalam pandemi Covid-19.

“Pilkada di Kota Batam akan dilakukan pada 9 Desember 2020 mendatang. Dimana s
Sejumlah tahapan sudah dipersiapkan untuk mendukung pesta demokrasi lima tahunan tersebut,” jelasnya.

Mulai dari persiapan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS).

Ia pun menegaskan pada tahapan pelaksanaan pemungutan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, diawali dengan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pada tanggal 9 Desember 2020.

Selanjutnya pada 9 hingga 11 Desember 2020 disampaikan hasil penghitungan suara di TPS dari PPS kepada PPK. Dilakukan rekapitulasi hasil penghitunhan suara tingkat Kecamatan oleh PPK pada tanggal 10-14 Desember 2020.

“Penyampaian rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan oleh PPK kepada KPU kabupaten atau kota pada tanggal 10-16 Desember 2020,” katanya.

Selanjutnya rekapitulasi hasil penghiunhan suara tingkat penghitungam suara tingkat kabupaten/kota pada tanggal 13-17 Desember 2020. Penetapan hasil rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Sementara itu penyampaian rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota kepada KPU provinsi untum pemilihan Gubernur pada tanggal 13-19 Desember 2020.

Pada 16-20 Desember 2020 dilakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi untuk pemilihan Gubernur.

“Lalu dilakukan penetapan hasil rekapitulasi morning penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” katanya. (Iman)

Baca Juga  Update Selasa : 14 Orang Warga Sumbar Terkonfirmasi Positif Covid-19

PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait