Home » BPJS Kesehatan Kenalkan E-Dabu Mobile untuk Badan Usaha

BPJS Kesehatan Kenalkan E-Dabu Mobile untuk Badan Usaha

IDNNews.id, Batam – Sebagai bentuk memberikan kemudahan kepada peserta, dalam hal ini badan usaha, BPJS Kesehatan Cabang Batam memperkenalkan E-Dabu Mobile dalam sosialisasinya pada Selasa (30/6/2020).

Fitri Apriliasari, selaku Relation Officer mengatakan E-Dabu Mobile merupakan bentuk sederhana dari E-Dabu versi 4.2. Dikatakan sederhana, karena aplikasi E-Dabu Mobile tidak memiliki fitur yang lengkap seperti E-Dabu versi 4.2.

Aplikasi E-Dabu Mobile yang dapat diunduh di playstore ini memiliki fitur untuk cek data peserta, riwayat pembayaran, data mutasi, tren pembayaran, dan konten kesehatan. Namun, tidak bisa digunakan untuk melakukan mutasi peserta.

“Di E-Dabu Mobile, hanya bisa melihat jumlah mutasinya saja, karena tujuannya terbatas untuk memudahkan aksesnya ketika berada di luar kantor, sehingga PIC harus tetap menggunakan E-Dabu versi 4.2,” kata Fitri.

Walaupun tidak selengkap E-Dabu versi 4.2, seperti namanya aplikasi ini dapat diakses melalui gadget. Berbeda dengan E-Dabu versi 4.2 yang harus diakses melalui laptop atau personal computer (PC), aplikasi tersebut dapat diakses dengan mudah oleh PIC badan usaha dimanapun berada.

Fitri juga menjelaskan, yang membedakan dengan aplikasi Mobile JKN adalah kemampuan E-Dabu Mobile untuk mengecek status kepesertaan orang lain, dalam hal ini karyawan badan usaha tersebut.

“Kalau pakai Mobile JKN, kita cuma bisa mengecek status kepesertaan kita saja. Tapi data orang lain tidak bisa,” kata Fitri.

Dengan adanya aplikasi E-Dabu ini diharapkan PIC badan usaha lebih mudah dalam memberikan informasi kepada karyawan terkait kepesertaannya serta dapat memantau tagihan dan pembayaran badan usaha. (****)

Baca Juga  Apresiasi Puluhan Ribu Relawan Covid-19, Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Kuota Data

PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait