Home » Karantina Batam Pantau Kesehatan Hewan Jelang Hari Raya Idul Adha

Karantina Batam Pantau Kesehatan Hewan Jelang Hari Raya Idul Adha

Ilustrasi Hewan Qurban
Ilustrasi Hewan Qurban

IDNNews.id, Batam – Balai Karantina Pertanian Kota Batam mencatat sepanjang Juni 2020, diketahui jumlah hewan ternak yang akan digunakan untuk Hari Raya Idul Adha mencapai 4.135 ekor kambing dan 991 ekor sapi.

Jumlah ini, merupakan data yang masuk melalui Pelabuhan Telaga Punggur ke dinas tersebut.

Kepala Karantina Pertanian Kelas I Kota Batam Joni Anwar saat ditemui awak media pada Selasa (30/6/2020) mengatakan, dari jumlah tersebut jenis Sapi yang ada terdiri dari Sapi Bali, Sapi Brahman, Sapi Peranakan, Sapi Limousin hingga Sapi Cross M.

“Untuk itu, Kita akan memastikan bahwa setiap hewan tersebut terbebas dari penyakit, khususnya hewan yang masuk ke Batam dari daerah lain,” jelasnya.

Ilustrasi Hewan Qurban
Ilustrasi Hewan Qurban

Dimana hewan yang masuk ke Batam harus sehat dan bebas dari HPHK, tambahnya, merupakan tujuan dari penyelenggaraan karantina sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan di pasal 7 ayat b yaitu mencegah tersebarnya HPHK dari suatu area ke area lain di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk daerah asal hewan tersebut, pihaknya juga merinci berasal dari Lampung yang keluar dari Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Kuala Tungkal Jambi, Muara Sabak Jambi dan Sungai Boom Baru Sumatera Selatan.

“Setiap hewan kurban yang masuk Batam, telah dilengkapi dengan sertifikat Kesehatan Hewan (KH11) yang diterbitkan oleh karantina pertanian dari daerah asal sebagai jaminan bebas HPHK,” tegasnya. (***/iman)

Baca Juga  SMK di Bangka Menangi Hadiah Rp 50 Juta dari Kompetisi Video AXIS Serunya Budayaku

PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait