Home » Melalui TMMD ke-108, Membangun Batam hingga Pinggiran Kota

Melalui TMMD ke-108, Membangun Batam hingga Pinggiran Kota

IDNNews.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, membuka secara resmi program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri, Selasa (30/6/2020).

Rudi yang menjadi pimpinan acara, menekankan semangat gotong royong dalam membangun Batam hingga pinggiran kota. Dengan semangat gotong royong ini pula, akan menjadi semangat dan rasa memiliki bagi semua pihak.

“Semangat gotong royong ini adalah ciri khas kita, saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam TMMD ke-108 ini,” ujar Rudi.

Rudi menekankan, adanya program TMMD sangat membantu daerah dalam pembangunan. Menurut dia, TMMD tak hanya bertujuan membangun fisik saja, namun juga non fisik.

“Kita juga merasakan dampak positif dari program TMMD yang selama ini dijalankan sangat menyentuh pembangunan di tengah masyarakat hingga ke pelosok,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang bertema TMMD Mengabdi untuk Negeri itu, Rudi menyampaikan terima kasih atas kinerja semua pihak yang terlibat termasuk masyarakat dalam program yang merupakan inisiatif dari Kodim 0316/ Batam berdasarkan usulan masyarakat.

“Selamat bertugas kepada prajurit dan semua masyarakat yang terlibat,” kata dia.

Di kesempatan tersebut, Rudi menyerahkan secara simbolis peralatan seperti cangkul, sekop sebagai tanda dimulainya TMMD ke-108 tersebut. Ia berharap program ini berjalan sukses sesuai rencana.

Adapun program TMMD tersebut akan dijalankan selama 30 hari dengan anggaran Rp2,2 miliar. Pelaksanaan program ini tidak dilakukan oleh kontraktor seperti proyek, namun secara gotong royong bersama seluruh masyarakat.

Melalui program ini, ada 8 item yang dibangun melalui program TMMD ini; jalan lingkungan sepanjang 1.200 meter, drainase ukuran U40 sepanjang 410 meter, pos kamling dua unit, tribune dan gawang sepak bola dua unit.

Baca Juga  Wakil Wali Kota Minta Warga Batam untuk Ikuti Sensus Penduduk

Kemudian gorong-gorong diameter 50 sepanjang 40 meter, batumiring 34 meter. Selain itu, ada perbaikan plafon di Gedung Taman Pendididilan Al-Qur’an dan pembangunan tugu monumen TMMD satu unit.

Setelah pembukaan TMMD, Wali Kota Batam Muhamamd Rudi dan Komandan Korem 033/Wira Pratama, Brigjen Harnoto beserta sejumlah perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Batam melakukan peninjauan secara fisik TNI Manunggal
Membangun Desa (TMMD) di Kampung Tua Tanjung Gundap, Tembesi, Sagulung.

Rudi mengapresiasi kedisiplinan petugas dan warga menerapkan protokol kesehatan tersebut, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Selain soal pembangunan, Rudi memang terus menekankan pentinya penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai langkah menjaga diri agar tidak terjangkit Covid-19.

Dalam peninjauan ini, semua prajurit TNI dan warga Kampung Tua Tanjung Gundap tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pengerjaan program TMMD tersebut. Secara gotong royong, TNI dan warga terlihat kompak, salah satunya saat melakukan pengecoran jalan di wilayah tersebut. (***)


PERKEMBANGAN COVID-19 KASUS

DomaiNesia

Berita Terkait