Home » 22.301 KPM Terima BST, Jefridin: Wujud Perhatian Pemerintah untuk Masyarakat

22.301 KPM Terima BST, Jefridin: Wujud Perhatian Pemerintah untuk Masyarakat

IDNNews.id, Batam – Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 7 di Kota Batam. Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kota Batam mencapai 22.301 KPM. Dengan nominal bantuan yang akan diterima Rp 300 ribu perbulan.

“BST ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada bapak ibu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin saat menyerahkan secara simbolis BST di Kantor Pos SP Plaza, Batuaji, Jumat (16/10/2020).

Acara yang dihadiri oleh Jefridin ini yakni penyaluran untuk dua kelurahan yakni Bukit Tempayan 165 KPM dan Kibing 319 KPM. Penyaluran BST tahap 7 ini dilakukan serentak dan bertahap hingga tanggal 21 Oktober mendatang.

Ia berpesan kepada KPM agar memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin. Hal ini sejalan, dengan tujuan pemerintah pusat yakni mengurangi beban dan meningkat daya beli masyarakat akibat pandemi melalui program sosial ini.

Baca Juga  Pemko Sosialisasikan Pengurusan Visa dan Izin Tinggal di New Normal

“Saya minta terimalah dengan ikhlas, pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya,” harap dia.

Tidak lupa ia mengajak KPM untuk selalu bersyukur. Bahkan ia mengutip isi surah Ibrahim ayat 7 yang berbunyi, lainsyakartum laaziidannakum walainkarfartum inna ‘adzaabii lasyadid. Artinya, jika kalian bersyukur pasti akan Aku tambah nikmat-Ku padamu tetapi jika kalian kufur sesungguhnya adzab-Ku amat pedih.

“Maka dari itu kita harus mensyukurinya,” pungkasnya.

Ingatkan Protokol Kesehatan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti yang ia sampaikan pada acara penyerahan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 7 di Kantor Pos SP Plaza, Batuaji, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga  Pemko Batam Dorong Partisipasi Masyarakat 'Mengawal' Pilkada melalui Gowaslu

“Sampai saat ini belum ada vaksin untuk virus ini. Maka satu-satunya cara adalah memutus mata rantai penularannya,” ucap Jefridin.

Ia menyebutkan, penularan virus tersebut terjadi antar manusia. Maka dari itu hal yang paling efektif utuk mencegah penyebaran Covid-19 sembari menunggu vaksin adalah menerapkan protokol kesehatan.

“Minimal empat hal yang perlu dilakukan yaitu teratur memakai masker, sering cuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan,” terang dia.

Selain itu, ia menambah dua hal yang perlu dilakukan. Yakni senantiasa meningkatkan imun dengan rajin berolahraga.

Selanjutnya yakni menjaga batin, dengan menjauhi segala bentuk ‘penyakit’ hati, seperti dengki, angkuh, hasud dan lain-lain.

Untuk masyarakat, Jefridin bahkan mendendangkan lagu Jagalah Hati yang dipopulerkan ustaz kondang KH Abdullah Gymnastiar atau yang kerap di sapa Aa Gym.

Baca Juga  Mau Pindahkan Posisi Tiang Listrik PLN Batam? Begini Caranya

“Insha Allah dengan menjaga dua hal ini (kesehatan fisik dan batin, red), kita akan dijauhkan dari penyakit ini merupakan ikhtiar kita, tapi jika takdirnya lain itu urusan Allah SWT,” ucap dia. (Lisa/iman)


DomaiNesia

Berita Terkait