Home » 43 Siswa SMAN 1 Sumbar Terkonfirmasi Positif Covid-19

43 Siswa SMAN 1 Sumbar Terkonfirmasi Positif Covid-19

IDNnews.id – Sebanyak 43 siswa SMA Negeri 1 Sumatera Barat di Padang, Sumatera Barat terkonfirmasi positif Covid-19 setelah mengikuti pembelajaran tatap muka dan menetap di asrama sekolah.

“Jumlah siswa yang positif sebanyak 43 orang dengan rincian empat orang putri dibawa orang tua diisolasi di rumah sakit terdekat dengan rumah siswa,” kata Kepala SMAN 1 Sumatera Barat Budi Hermawan melalui surat yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Sumbar, dikutip Selasa (30/3).

“39 orang yang positif (5 siswa putra dan 34 putri) diisolasi di asrama di lantai atas,” kata dia.

Budi mengatakan masih ada dua orang siswa lagi yang ditemukan reaktif dari pemeriksaan antigen dan baru mengikuti pemeriksaan swab PCR kemarin, Senin (29/2). Sementara 123 siswa lainnya sudah dipulangkan ke orang tua masing-masing.

Penularan di klaster sekolah ini bermula ketika sekolah mulai melakukan pembelajaran tatap muka secara bertahap untuk siswa kelas XII, kemudian kelas XI dan kelas X.

Sebelum sekolah dibuka, seluruh guru, tenaga kependidikan dan swab melakukan pemeriksaan swab PCR dan semua didapati negatif covid-19. Atas dasar hasil tes itulah kemudian pihak sekolah mulai menerapkan belajar tatap muka.

Namun di tengah pembelajaran tatap muka, ada seorang siswa yang mengeluhkan tidak bisa menggunakan indera penciumannya. Ia langsung diperiksa swab PCR dan didapati positif covid-19 pada Sabtu (20/3).

Dari hasil tersebut, pihak sekolah langsung mendorong pemeriksaan swab terhadap 13 kontak erat siswa tersebut. Hasilnya, ditemukan enam siswa positif covid-19.


DomaiNesia