Home » 9.000 Orang Batak di Tanjungpinang Dukung Soerya-Iman

9.000 Orang Batak di Tanjungpinang Dukung Soerya-Iman

IDNNews.id, Tanjungpinang – Masyarakat Batak yang berdiam di kota Tanjungpinang, telah membulatkan suara untuk mendukung dan memenangkan Soerya Respationo dan Iman Sutiawan, dalam pertarungan perebutan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di Pilkada 2020, yang akan dihelat pada 9 Desember mendatang.

Pernyataan dukungan kepada paslon yang memakai jargon SInergi (Soerya – Energi Kepri) itu, dideklarasikan pada acara silaturahmi antara warga Batak yang membawa nama Parsahutaon Masyarakat Batak Bersatu Tanjungpinang, bersama Cagub Soerya Respationo, di Restoran Suka Ramai, Km 5, Tanjungpinang, Jumat (9/10/2020) malam.

“Pak Soerya, kami di sini, masyarakat Batak Tanjungpinang telah sepakat untuk mendukung Pak Soerya Respationo dan Pak Iman Sutiawan di Pilkada Kepri, agar menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri,” tegas Ketua Parsahutaon Masyarakat Batak Tanjungpinang, S.O Simangunsong, dalam sambutannya.

Baca Juga  Apresiasi Peran Dokter di Masa Pandemi, Soerya-Iman Doakan Keberkahan untuk Dokter dan Tenaga Medis

Pernyataan ini langsung disambut tepuk tangan riuh rendah dari peserta yang hadir.

Dari pantauan, Cagub Soerya tiba pukul 20.30 WIB di lokasi acara. Ia datang bersama rombongan tim pemenangan SInergi. Hadir juga Lis Darmansyah, Sekretaris DPD PDIP Kepri. Sedangkan perwakilan orang batak yang hadir berkisar 50 orang.

Selanjutnya, Mangunsong menjelaskan secara singkat bagaimana orang Batak hingga memutuskan untuk menetapkan pilihan kepada paslon SInergi. Menurut Mangunsong, pernyataan dukungan diputuskan melalui proses panjang.

“Awalnya, dengan membentuk komunitas Parsahutaon Masyarakat Batak Tanjungpinang. Dan, saya sendiri disepakati sebagai ketuanya,” katanya.

Sebenarnya, lanjutnya, orang batak di Tanjungpinang punya organisasi resmi yaitu Rumpun Batak Bersatu ( RBB).

Baca Juga  Patroli Laut Bea Cukai Gagalkan Aksi Penyelundup di Perairan Kepri

“Namun, pengurusnya rata-rata ASN, Pak Soerya. Makanya, diputuskan untuk membentuk komunitas parsahutaon ini,” ujar Mangunsong.

Setelah itu, dilakukan musyawarah dengan melibatkan para pengurus dan tokoh-tokoh masyarakat dari parsahutaon-parsahutaon (perkumpulan, red) orang batak yang ada di Tanjungpinang.

“Dan, akhirnya diputuskan, dan kami masyarakat batak Tanjungpinang sudah sepakat mendukung Bapak Soerya dan Bapak Iman di Pilkada Kepri 2020,” ucap Mangunsong.

Ia menyebutkan, dari pendataan di internal Parsahutaon, bahwa jumlah warga batak di Tanjungpinang berkisar 3.900 kepala keluarga (KK).

“Yang keseluruhan berjumlah kurang lebih 9.000 jiwa, dan semuanya sudah satu suara mendukung Pak Soerya dan Pak Iman di Pilgub Kepri,” terang Mangunsong.

Bahkan, terhadap dukungan ke Paslon SInergi, kata Mangunsong, pihaknya telah menyampaikan pilihan tersebut ke seluruh masyarakat batak melalui surat resmi dari pengurus Parsahutaon.

Baca Juga  Didukung PROJO, Soerya-Iman Makin Semangat Menjemput Kemenangan

“Harapan kami, semoga Pak Soerya dan Pak Iman terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri,” katanya yang disambut tepuk tangan meriah.(***)


DomaiNesia

Berita Terkait