Home ยป Ajak Operator dan Agen Kapal Jaga Kabel Laut, Triasmitra Gelar Sosialisasi SKKL di Kepri

Ajak Operator dan Agen Kapal Jaga Kabel Laut, Triasmitra Gelar Sosialisasi SKKL di Kepri

IDNNews.id , Batam – Sebagai bentuk menjaga dan menghindari dampak kerusakan dari kabel laut yang membentang di sepanjang wilayah Indonesia, Triasmitra Group bersama institusi terkait menggelar Sosialisasi Pengamanan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya di Swiss-Bel Hotel Harbour Bay Batam Center, Selasa(15/10/2019) pagi.

Sebagaimana diketahui, Kabel laut merupakan infrastruktur yang harus dilindungi keamanannya oleh operator pemilik kabel laut, karena menyangkut kepentingan publik untuk menyatukan Indonesia melalui jaringan Telekomunikasi.

Penjagaan SKKL ini terbilang penting mengingat 99 persen lalulintas internet dunia ditopang oleh SKKL.

Selain itu, Gateway SKKL Indonesia menuju jaringan internasional mayoritas via Singapura melalui area Batam. Dan Potensi kerugian para operator jika SKKL putus mencapai nilai miliar rupiah.

Dan dampak putusnya SKKL terhadap masyarakat sangat besar, yaitu terganggunya transaksi perbankan, perdagangan, layanan pemerintah pendidikan dan sebagainya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam, Capt Barlet mengatakan pelaksanan sosialisasi ini sangat penting. Mengingat, seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, sarana yang paling tepat dan cepat dalam berkomunikasi maupun berinternet adalah menggunakan kabel optik di laut.

Baca Juga  Greysia/Apriyani Juara Yonex Thailand Open 2021

Selain itu, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau-pulau membuat kabel laut ini menjadi hal yang sangat bagus dan pas diterapkan di wilayah Indonesia .

Sehingga diperlukan sistem komunikasi yang massal. Dan bisa menghubungkan pulau-pulau di Indonesian .

Karena kabel laut yang sudah digelar cukup panjang ini, sehingga para operator kapal dalam operasionalnya diharapkan bisa selalu bisa berkoordinasi. Sehingga bisa meminimalisir dampak negatif yang timbul dari adanya lego jangkar yang dikhawatirkan dapat merusakan jaringan kabel laut.

“Sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada operator hingga pengguna jasa laut untuk berhati-hati dalam melaksanakan operasionalnya dilaut khususnya di titik-titik yang ada kabel laut,” jelasnya.

Baca Juga  Greysia/Apriyani Juara Yonex Thailand Open 2021

Ia pun berharap, melalui sosialisasi ini keselamatan kabel laut ini bisa menjadi perhatian bersama. Karena keselamatan kabel laut sangat berdampak pada sektor ekonomi hingga keamanan .

“Untuk itu, diharapkan operator kapal bisa memahamai, menguasai dan mensosialisasikan hal ini ke jajarannya. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. Untuk itu, mari bersama-sama menjaga kabel laut. Sehingga dapat menunjang kemajuan bangsa dan bermanfaat bagi kita semua,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Utama Triasmitra, Titus Dondi. Menurutnya, kabel laut ini juga sejalan dengan visi dan misi dari Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan program Tol Langit.

Dimana Tol langit adalah ribuan kilometer sistem komunikasi kabel laut, yang tergelar dan menghubungkan semua pulau di Indonesia. Mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, NTT serta Papua. Dan semuanya sudah terkoneksi dengan baik menggunakan kabel laut ini.

“Lalu apa pentingnya Tol Langit? Ini adalah impian dari bangsa Indonesia untuk menjadi surganya data internet. Dan perlu diketahui juga, bahwa Batam dan Kepri merupakan pintu gerbang yang merupakan titik koneksi dari seluruh kabel laut di wilayah Indonesia . Dan semuanya terhubung ke Batam dan selanjutnya, menuju hub di Singapura Utnuk masuk ke gateway internasional,” jelasnya.

Baca Juga  Greysia/Apriyani Juara Yonex Thailand Open 2021

Itu artinya, tambahnya, komunikasi data dan internet sangat tergantung pada pengoperasian secara terus menerus dari kabel laut khususnya di wilayah Batam dan Kepri.

Jadi ketika komunikas internet dan media sosial mengalami gangguan. Itu biasanya terjadi oleh adanya kabel laut yang rusak.

“Sehingga kami sangat berharap, kita semua bisa mendukung dan menjaga dengan baik semua kabel optik yang ada di laut. Karena kabel ini, khususnya di Batam dan Kepri, sangat menjamin kelangsungan komunikasi dan data dari seluruh bangsa ini,” jelasnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia