Home ยป APINDO Batam: Selesaikan Covid-19 Terlebih Dahulu, Baru Pulihkan Ekonomi

APINDO Batam: Selesaikan Covid-19 Terlebih Dahulu, Baru Pulihkan Ekonomi

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Batam, Rafki Rasyid
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Batam, Rafki Rasyid

IDNNews.id, Batam – Untuk memperbaiki kondisi ekonomi pasca-diterjang Pandemi Covid-19, kiranya dibutuhkan sebuah strategi jitu. Mengingat, untuk mewujudkan pemulihan ekonomi terbilang sangat sulit jika tidak dijalankan dengan serius dan terkoordinasi.

Untuk itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Batam, Rafki Rasyid memandang, pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19 ini dibutuhkan sebuah Trade-off. Artinya ada dua kondisi berlawanan yang tidak mungkin bisa terjadi pada keduanya di saat yang bersamaan.

Sehingga, jika ingin memulihkan ekonomi di masa pandemi ini maka penyebaran Covid-19 harus terkendali dulu.

“Jadi tidak mungkin memulihkan ekonomi dikala masih tingginya angka penularan Covid-19,” jelas Rafki, Rabu (27/1/2021) pagi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Batam, Rafki Rasyid
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Batam, Rafki Rasyid

Ketika dipaksakan pemulihan ekonomi di kala pandemi masih tinggi, tambahnya, maka yang akan terjadi adalah akan semakin sulit menurunkan angka penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga  45 UMKM Unggulan Batam dan Kepri Ramaikan Gebyar Melayu Pesisir

Mengingat, memulihkan ekonomi berarti mendorong aktivitas masyarakat dan perusahaan. Ketika aktivitas masyarakat dan perusahaan meningkat maka penularan virus akan semakin masif terjadi.

“Dalam kondisi trade-off terjadi, maka pengambil kebijakan harus bijak memilih. Mana yang mau didahulukan. Apakah mendahulukan pemulihan ekonomi ataukah mendahulukan pengendalian penyebaran virus Covid-19. Tidak bisa disejalankan keduanya,” jelasnya.

Pihaknya mengusulkan, agar pengendalian penyebaran virus sebaiknya didahulukan. Karena pemulihan ekonomi bukanlah perkara yang sulit jika penularan virus sudah terkendali.

“Menekan penularan Covid-19 adalah prasyarat utama jika ingin memulihkan ekonomi. Ketika belum tercapai maka akan sulit memulihkan ekonomi,” tutupnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia