Home » Asosiasi dan Pengusaha Pelabuhan Minta Dilibatkan dalam Pengembangan Batu Ampar

Asosiasi dan Pengusaha Pelabuhan Minta Dilibatkan dalam Pengembangan Batu Ampar

IDNNews.id, Batam – Rencana Badan Pengusahaan (BP) Batam yang akan mengambil alih pelabuhan Batu Ampar, mendapatkan respon dari sejumlah pengusaha kepelabuhan yang ada di Batam dan Kepri.

Hal yang menimbulkan keresahan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Batam.

Ketua APBMI Batam Crimson Sitanggang disela-sela rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi III DPRD Batam dengan sejumlah asosiasi ini pun mengaku sangat kecewa karena tidak dilibatkan dalam proses pengembangan pelabuhan oleh BP Batam.

Terlebih lagi penunjukan Pelindo II sebagai operator di Pelabuhan Batuampar.

“Kami sangat kecewa, karena tidak dilibatkan. Mengingat, kami semua ini adalah ujung tombaknya. Kamilah yang mencari customer-nya, Jadi tolong kami pelaku usaha lokal yang lebih dulu hadir ini dilibatkan,” terang Crimson.

Dengan pelibatan ini, tambahnya, maka akan bisa diketahui apa-apa saja ‘penyakitnya’.

“Itulah harapan kami ke BP Batam yang mudah-mudahan direspon,” ujarnya.

salah satu pelabuhan di Batam

Sebagaimana diberitakan, sejumlah asosiasi pengusaha bidang kepelabuhanan di Batam menolak rencana Badan Pengusahaan (BP) Batam menyerahkan perombakan dan pengelolaan Pelabuhan Batuampar kepada PT Pelindo II.

Mereka khawatir Pelindo II akan mengambil alih semua sektor kerja di pelabuhan yang selama ini ditangani pengusaha lokal.

Di antara asosiasi yang keberatan tersebut antara lain Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Batam, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Batam, dan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Batam. (Iman)


DomaiNesia

Berita Terkait