Home » ATB Bangun Cinta Lingkungan Sejak Dini Melalui School Campaign

ATB Bangun Cinta Lingkungan Sejak Dini Melalui School Campaign

IDNNews.id, Batam – PT. Adhya Tirta Batam (ATB) secara konsisten melakukan program edukasi kepada pelajar di Kota Batam.

Upaya ini dilakukan untuk membangun kultur hemat air dan cinta lingkungan sejak dini.

Head of Corporate Secretary ATB Maria Jacobus mengatakan, sebagai kota dengan sumber air terbatas, maka upaya pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan kesadaran penduduknya untuk memanfaatkan sumber daya air seefektif mungkin.

“Salah satu cara yang sangat penting dilakukan adalah membangun kultur tersebut sejak dini,” ujarnya.

Seperti diketahui, Batam adalah kota yang tidak diberkahi dengan sumber mata air alami. Kota industri ini hanya mengandalkan air hujan yang ditampung di waduk-waduk yang dibangun pemerintah.

Namun di sisi lain, penggunaan air di Batam termasuk tinggi. Antara 180 liter hingga 200 liter perorang perharinya.

Jumlah ini lebih besar dari standar kebutuhan sumber daya air yang layak menurut UNESCO, yang hanya 60 liter perorang perhari.

Tidak hanya mengenai konsumsi air, upaya edukasi yang dilakukan ATB juga menyasar kepada pemeliharaan lingkungan, terutama yang berkaitan dengan Daerah Tangkapan Air (DTA).

Seperti diketahui, menjaga DTA tetap steril dari upaya pengrusakan, baik langsung atau tidak langsung, menjadi kebutuhan vital bagi Batam.

“Jika DTA nya rusak, maka sumber air kita juga turut rusak,” jelasnya.

Karena itu, ATB gencar memberikan edukasi sejak dini. Membangun kesadaran publik mengenai pentingnya hemat air, dan menjaga kelestarian lingkungan melalui program ATB School Campaign dan Wisata Edukasi Air.

Sebagai generasi penerus selanjutnya, anak-anak dinilai perlu mendapatkan edukasi seputar kondisi sumber daya air di lingkungan. Agar kepekaan dan kepedulian terhadap alam sekitar bisa ditanamkan sejak kecil.

Baca Juga  Tingkatkan Minat Baca Pelajar, MTs Bina Ummah Kunjungi Perpustakaan BP Batam

ATB School Campaign dan Wisata Edukasi Air merupakan bagian dari kegiatan ATB Peduli Pendidikan. Mengajarkan anak-anak usia sekolah mengenai kelestarian lingkungan dan penghematan air, tentu saja bukan perkara mudah.

ATB juga kerap dikunjungi oleh siswa sekolah dan komunitas warga sebagai sarana menambah ilmu pengetahuan seputar teknis pengolahan air, manajemen pelayanan hingga penerapan teknologi.

ATB menyajikan pemaparan yang sederhana, menyenangkan, interaktif dan mudah dipahami melalui pemutaran video animasi dalam kegiatan ATB School Campaign.

Program Wisata Edukasi Air, cukup menarik untuk diikuti karena ATB akan memberikan pemaparan mengenai proses pengolahan air. Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung prosesnya di lokasi Water Treatment Plan (WTP).

Melalui kedua program edukasi ini, diharapkan masyarakat bisa aktif berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menghemat penggunaan air bersih untuk masa depan Batam yang lebih baik. (SHS/Corporate Secretary)


DomaiNesia

Berita Terkait