Home » Badan Standardisasi Nasional: Indonesia Bangga Dengan ATB

Badan Standardisasi Nasional: Indonesia Bangga Dengan ATB

Dok/ATB
Dok/ATB

IDNNews.id, Batam – Prestasi dan pencapaian PT. Adhya Tirta Batam (ATB) membuat Badan Standardisasi Nasional (BSN) berdecak kagum. Bahkan, menurut Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian (PSPK), Zakiyah, ATB telah membuat BSN dan Indonesia bangga.

“BSN dan Indonesia berbangga dengan perusahaan ini. Karena baru pertama kali ikut (dalam SNI Award), langsung memperoleh emas. Tahun 2018 dan 2019 sudah memperoleh dua kali Platinum secara berturut-turut,” ujar Zakiyah.

ATB adalah perusahaan lokal yang telah berhasil menunjukan kualitasnya di kancah Nasional. Perusahaan ini mampu mengalahkan sejumlah perusahaan raksasa, perusahaan terbuka dan BUMN di SNI Award yang digelar oleh BSN.

Dok/ATB
Dok/ATB

Setelah berhasil meraih 2 kali SNI Platinum Award selama 2 kali berturut-turut, ATB berpotensi meraih Grand Platinum SNI Award. “Apa yang dilakukan oleh ATB adalah sesuatu yang sangat luar biasa,” pujinya.

Baca Juga  Musrenbang Kelurahan Dimulai, Wakil Wali Kota Batam Ingatkan Urgensi Usulan

ATB telah membuktikan diri sebagai perusahaan dengan kualitas yang mampu bersaing di level Nasional. Dengan Platform Sparta Smart Solution, ATB berhasil mengintegrasikan Big Data dalam Enterprise Resource Planning (ERP).

Teknologi ini membantu ATB dalam pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Baik di level pimpinan, maupun di level tenaga operasional. Sehingga seluruh lini dapat mengeksekusi action plan yang lebih terarah dan jelas.

Perusahaan juga berkomitmen menerapkan standar internasional dalam semua lini. ATB merupakan satu-satunya perusahaan air minum yang berhasil dan telah menerapkan Sistem Manajemen Terpadu ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, ISO 45001:2018, ISO 31000, ISO 27001:2013.

“Dan yang menarik, untuk Lab – baik Lab uji maupun Kalibrasi, sudah menerapkan ISO 17025:2017,” jelasnya.

Baca Juga  Meski Sudah Divaksinasi, Masih Bisa Terpapar Covid-19. Ini Penjelasannya

Dengan sejumlah pencapaian tersebut, wajar bila ATB menjadi rujukan secara nasional, juga internasional.

Menurut laporan yang dibacanya, beberapa negara telah menjadikan ATB sebagai benchmark. Mulai dari Korea Selatan, Afrika Selatan, Malaysia, Cina dan beberapa negara lain. “ Ini bisa dicontoh,” tuturnya.

Dok/ATB
Dok/ATB

Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto mengatakan, pihaknya telah bekerja keras membangun kualitas selama puluhan tahun. Sejak awal perusahaan ini berdiri, ATB telah memberikan yang terbaik bagi semua pelanggan dan stakeholder.

Komitmen ini ditunjukkan dengan menjaga kualitas di segala lini. ATB telah menerima sertifikat ISO 9001:2000 sejak tahun 2006 untuk sistem manajemen mutu. Sistem tersebut terus dibangun dan dikembangkan secara konsisten.

“Hingga kini, ATB adalah perusahaan air yang pertama kali menerima sertifikat ISO 9001 versi terkini, yaitu ISO 9001:2015,” ungkapnya.

Baca Juga  Dukung UMKM Perluas Pangsa Pasar, Telkomsel dan Gojek Integrasikan Layanan Iklan Digital

Bahkan untuk memastikan mutu hasil uji dari Laboratorium Uji Mutu Air dan Laboratorium Kalibrasi Meter Air, ATB telah menerima Sertifikat ISO 17025:2017 dari Lembaga Akreditasi Nasional.

ATB juga menerapkan standar untuk lingkungan kerja yang selamat, sehat, serta ramah lingkungan. Secara Internasional, ATB telah menerima sertifikat OHSAS 18001:2007 pada tahun 2013, diperbaharui dengan sertifikat ISO 45001:2018.

“Sistem Manajemen Lingkungan yang diterapkan juga sudah mendapat Sertifikat ISO 14001 di tahun 2015,” imbuhnya.

Namun, mengantongi sertifikasi tersebut tak lantas membuat perusahaan berpuas diri. ATB tetap berjuang dalam audit tahunan untuk sertifikat ISO yang telah dierima. Hasilnya sungguh menakjubkan, karena tak pernah ada catatan merah yang diberikan.

“Selalu sempurna selama hampir 14 tahun. Itu komitmen kami menjaga kualitas dan kepercayaan,” tuturnya. (*)


DomaiNesia