Bawaslu Batam Catat Ada 12 laporan Pelanggaran di Pilkada 2020 - IDNNews
Home » Bawaslu Batam Catat Ada 12 laporan Pelanggaran di Pilkada 2020

Bawaslu Batam Catat Ada 12 laporan Pelanggaran di Pilkada 2020

Ilustrasi Pilkada
Ilustrasi Pilkada

IDNNews.id, Batam – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam mencatat ada 12 laporan pelanggaran dalam Pilkada serentak 2020.

Pelanggaran yang dilaporkan itu di antaranya laporan ijazah, pelanggaran kampanye, pelanggaran alat peraga, dan pelanggaran soal netralitas ASN salah satu pasangan calon.

Komisioner Divisi Hukum Bawaslu Batam, Mangihut Rajaguguk mengatakan, semua pelanggaran sudah diselesaikan oleh Bawaslu, termasuk masalah ASN yang tidak netral.

“Kasusnya sudah kita lanjuti, dan status laporannya sudah kita kasihkan ke pelapor. Hal itu juga ada surat dari Kemendagri,” kata Mangihut, Sabtu (7/11/2020).

Mangigut menjelaskan, ada kendala dari Bawaslu terkait laporan yang ada, dimana ada salah satu media yang melaporkan ASN yang berpihak kepada salah satu Paslon.

Baca Juga  Jadi Pemersatu, SInergi Kepri Cocok Jadi Pemimpin Kepri
Ilustrasi Pilkada
Ilustrasi Pilkada

“Dalam laporan itu, tidak ada bukti yang diserahkan ke kami. Ya itu yang susah kami buktikan,” ujarnya.

Lanjut Mangihut, Bawaslu meminta kerjasama media untuk memantau dan memberitakan jika ada pelanggaran yang terjadi pada Pilkada 2020.

Hal itu agar kinerja Bawaslu ringan dan terbantu.

“Kami juga memantau media sosial Paslon yang ada, dan kami juga dipantau Bawaslu RI terkait kinerja maupun penyelesaian masalah yang ada di Pilkada 2020 Kota Batam,” ungkap Mangihut.(*/SK)


DomaiNesia