Home » BAZNAS Salurkan Beasiswa untuk Pelajar Kurang Mampu di Solok

BAZNAS Salurkan Beasiswa untuk Pelajar Kurang Mampu di Solok

IDNNews.id, Solok – Untuk meringan biaya beban masyarakat kurang mampu. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kabupaten Solok, Sumatera Barat, memberikan bantuan beasiswa bagi pelajar Sekolah Dasar (SD) di seluruh Kecamatan di daerah tersebut.

Iljasmadi, Bidang pendistribusian dan pendayagunaan Baznas Kabupaten Solok, kepada IDNnews.id, mengatakan bantuan beasiswa BAZNAS kali ini diberikan kepada pelajar tingkat SD, di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok.

BACA: BMKG Peringatkan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Lampung

Mereka yang berhak menerima, yang tergolong masyarakat kurang mampu atau tergolong hasnan 8, dan dipilih oleh guru di sekolah mereka masing-masing dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan.

“Detiap pelajar penerima bantuan beasiswa akan menerima Rp.300 ribu per tahunnya,” ujar Iljasmadi, Rabu, (3/10/18) di kantor Baznas, Koto Baru, Kabupaten Solok.

Baca Juga  BP Batam Gelar Sosialisasi Pengembangan Kawasan BBKT

Iljasmadi juga menambahkan pendistribusian bantuan beasiswa, hingga saat ini telah terealisasi hampir separoh kecamatan yang ada di Kabupaten Solok. Untuk beasiswa ini, masing-masing sekolah mendapatkan jatah yang berbeda, ini tergantung jumlah murid disekolah tersebut.

BACA: Bawaslu: Walinagari (Kepala Desa) Dan Perangkatnya, Jangan Ikut Kampanye Praktis, Penjara Tantangannya

Bila murid dibawah 50 orang maka mendapat bantuan 7 orang, untuk murid diatas 50 hingga 100 diambil 10 orang dan 100 keatas murid diberikan bantuan 15 orang.

“Setiap sekolah, siswanya kita ambil tergantung berapa jumlah murid yang ada di sekolah itu. Rata-rata setiap sekolah 10 hingga 15 siswa di Kabupaten Solok ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan beasiswa dari BAZNAS ini diperuntukan bagi keluarga kurang mampu agar bisa terus melanjutkan pendidikan anak-anak mereka.

Baca Juga  Jelang Lawan Atalanta, Mo Salah Dinyatakan Sembuh Dari Covid-19

Disamping pendidikan SD, pihak Baznas juga membantu untuk biaya kuliah bagi mereka yang kurang mampu.

“Kita juga membantu biaya kuliah, bagi keluarga yang tak mampu. Yakni biaya pertama masuk dan biaya menyusun, dengan jumlah bervariasi, mulai dari Rp.1 juta- Rp 1,5 juta,” tambahnya.

Tidak hanya sekedar memberikan bantuan beasiswa semata, melihat kondisi perekonomian masyarakat saat ini. Pihak BAZNAS Kabupaten Solok juga memberikan bantuan pembinaan untuk mengembangan usaha bagi masyarakat kurang mampu berupa barang sesuai dengan usaha mereka.

Program lainnya, beber Iljasmadi, warga miskin di Kabupaten Solok, juga mendapatkan program bedah rumah sehat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

“Kami berupaya keras membuat beragam program bermanfaat untuk masyarakat. Tentunya program yang dibuat ini untuk masyarakat yang kurang mampu di daerah ini,” katanya.

Baca Juga  Hebat! PGN Raih Runner Up 7 The Best Contact Center Indonesia 2020

BACA: Pria Talago Jorong 1 Ditemukan Tewas Tergantung di Bekas Kantor Desa Padang Data

Pihak Baznas, juga terus mendorong sepenuhnya agar masyarakat juga lebih gemar untuk infak dan sedekah. Untuk aparatur sipil negara (ASN), zakat mereka dimasukkan lewat Baznas dan UPZ Kecamatan, yang selanjutnya disalurkan untuk beragam kegiatan bermanfaat lainnya.

“Semoga ke depan infaq maupun Sedekah yang diproleh Baznas Kabupaten Solok semakin meningkat, sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu. Rata-rata Baznas Kabupaten Solok terkumpul 6 milyar rupiah pertahunnya, diharapkan tahun ini lebih,” katanya berharap.(Nof)


DomaiNesia
UA-128167721-1