Home ยป Berikan Rasa Aman dan Nyaman untuk Tamu, Harris Hotel Batam Center Gelar Simulasi Kebakaran

Berikan Rasa Aman dan Nyaman untuk Tamu, Harris Hotel Batam Center Gelar Simulasi Kebakaran

IDNNews.id, Batam – Sebagai salah satu cara menghindari korban jiwa sekaligus memantapkan personel yang tanggap, memiliki respon cepat hingga sikap dalam penanganan bahaya bencana, Hotel Harris Batam Center menggelar simulasi penanggulangan bencana kebakaran pada Selasa (9/4/2019) siang.

Simulasi yang melibatkan Petugas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) atau Damkar dari Pemerintah Kota Batam serta seluruh karyawan di Hotel tersebut, berskenariokan adanya kebakaran yang terjadi di salah satu kamar di lantai 7 bangunan tersebut.

Yang di awali dengan kemunculan asap putih tebal dari sebuah kamar hingga akhirnya memunculkan api yang kian lama kian besar.

Meski telah berusaha memadamkan api menggunakan racun api yang ada di sudut ruangan, sejumlah karyawan juga berusaha mengevakuasi para tamu hotel yang masih ada di kamar dan mengevakuasinya melalui tangga darurat.

Baca Juga  Setubuhi 10 Anak di Bawah Umur, 'Predator' Ini Terancam Dikebiri

Disisi lain, Pegawai lainnya berusaha berkoordinasi dengan Posko PBK dan aparat kepolisian terdekat untuk membantu proses pemadaman lebih lanjut.

Sementara itu, untuk menghindari adanya korban dalam peristiwa tersebut, Emergency Response Team (ERT) berusaha mendeteksi dan memeriksa setiap kamar yang ditinggalkan guna melacak apakah masih ada korban dalam peristiwa tersebut.

Pemeriksaan tersebut pun membuahkan hasil dan menemukan adanya salah satu tamu hotel di kamar yagn tergeletak dalam kondisi pingsan di sudut kamar. melihat hal tersebut, petugas langsung mengevakuasinya menggunakan tandu dan membawanya turun ke lokasi yang aman.

Muhammad Jufri Sakka, General Manager Hotel Harris Batam Center saat ditemui IDNNews.id di lokasi menuturkan, Kegiatan latihan simulai kebakaran yang dilakuakn hari ini merupaakn kegiatan rutin. Dimana setiap tahunnya selalu dilakukan, Untuk tahun 2019 ini merupakan pertama kalinya digelar.

Baca Juga  Daftar 40 Korban Sriwijaya Air SJ 182 yang Sudah Teridentifikasi

“Simulasi ini, minimal sekali atau dua kali dalam satu tahun dilakukan. Dengan tujuan untuk terus merefresh tim dan kembali mengingatkan kepada semuanya akan bahaya dan dampak dari kebakaraan tersebut,” jelasnya.

Kegiatan ini, tambahnya, juga sebagai bentuk mengecek semua peralatan pemadam kebakaran yang ada di hotel apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

“Kita sangat konsen akan keselamatan para tamu yang menginap di Hotel Harrris Batam Center. Dan ini adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik, sekaligus memastikan keamanan mereka saat menginap di Hotel Harris Batam Center,” jelasnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia